Friday, October 2, 2020

Taukah Kamu Kalau Ban Bisa Menambah dan Mengurangi Polusi Udara?

Zonbie, taukah kamu kalau negara tercinta kita ini ada di peringkat 8 dunia dengan tingkat polusi udara paling mematikan? Itu artinya udah banyak korban meninggal akibat polusi udara. Hmmm, serem yah.? Dari laporan Bloomberg pada 2015 lalu, rata-rata kematian akibat polusi mencapai 50.000 jiwa. Buanyak bangeeuud.

Makanya sekarang banyak pihak lagi gencar galakin produk ramah lingkungan, termasuk motor dan komponen pendukungnya.

Kamu tau ban motor kan? Nah, komponen motor kayak donat berwarna hitam itu ternyata punya peran dalam menambah ataupun mengurangi polusi udara loh. Hahh, kok bisa? Gimana ceritanya ban bisa menyumbang atau mengurangi polusi udara?

Emang sih, ban nggak secara langsung jadi penyumbang atau pengurang polusi udara. Tapi mahluk itu punya andil makin banyak atau sedikit emisi gas buang dari pembakaran di ruang mesin.

Jadi begini, kalau kamu pakai ban yang gak sesuai dengan kondisi motor atau peleknya, itu akan berpengaruh pada kinerja mesin. Misalnya motor mu pakai ban standar ukuran 110, tapi karena mau gaya biar motor keliatan lebih gagah, kamu ganti bannya pakai ukuran 130. Dari penggantian ban itu, tentunya ada perubahan berat motor dan daya rekat ban ke aspal karena permukaan ban yang nempel di aspal makin lebar.

Logikanya, buat gerakin motor dengan bobot yang makin berat butuh energi atau tenaga lebih besar dari sebelumnya. Kalau mesin bekerja lebih berat untuk menggerakkan motor di kecepatan yang sama saat motor pakai ban standar, artinya butuh konsumsi bensin lebih banyak. Nah, kalau bensin yang terbakar makin banyak, sama aja dong dengan menambah polusi lebih banyak. Kan asap yang keluar jadi makin banyak, padahal jarak tempuhnya sama dengan aplikasi ban standarnya.

Kalau soal mengurangi gimana? Kalau soal itu, selain pakai ukuran ban yang sesuai, pabrikan ban juga ngembangin teknologi biar ban bisa lebih ringan menggelinding di atas aspal. Salah satu contohnya adalah teknologi yang dipakai ban IRC, namanya LRR. Inget yah, LRR [Low Rolling Resistance) bukan LDR [Long Distance Relationship].

Ban-Motor

IRC menggunakan ‘Nano Silica’ buat inner liner (lapisan pengganti ban dalam). Dijelaskan Arijanto Notoraharjo, General Manager (GM) Marketing and Sales Retail PT Gajah Tunggal Tbk, aplikasi Nano Silica bisa menjaga tekanan angin di dalam ban tetap bertahan untuk waktu lebih lama.

“Pemakaian kompon khusus dengan teknologi LRR yang membuat ban IRC Enviro memiliki hambatan gulir yang lebih rendah dan daya gulir yang tinggi. Sehingga membantu menghemat pemakaian BBM dan mengurangi emisi gas buang,” gitu kata Arijanto.

Ari juga menekankan, tenologi itu akan sangat terpakai saat motor dalam keadaan jalan. Kalau lagi macet parah apalagi sampai parkir di jalan, yah nggak ngaruh juga.

Selain itu, IRC juga pakai bahan kimia non aromatik (NAO – Non Aromatic Oil). Konon, kalau pakai bahan kimia itu efeknya sangat buruk buat kesehatan, bisa jadi pemicu kangker gitu. Kan serem. Apalagi tiap hari kamu sering mundar-mandir di jalan raya yang banyak polusi udaranya.

Makanya kalau berkendara motor pakai masker yah. Pakainya buat nutupin hidung dan mulut, bukan buat nutupin dagu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Update

Ajak Pelajar Praktik Perbengkelan, Pertamina Lubricants Luncurkan Enduro Express di SMK Yosonegoro Magetan

PT Pertamina Lubricants melalui Sales Region V bersinergi dengan PT Nitro Pratama Indonesia (PT NPI), ajak pelajar praktik perbengkelan. Dalam hal ini, PT Pertamina Lubricants...

Francesco Bagnaia Resmi Perkuat Ducati Corse Tahun Depan

Tim balap MotoGP Ducati Corse, pastikan Francesco Bagnaia bakal memperkuat tim pabrikan tersebut bersama Jack Miller. Sebagaimana diketahui, sebelumnya baik Bagnaia dan Miller pernah memperkuat...

PRB Chapter Lampung Resmi Mendeklarasikan Diri

Pasemotonan Riders Bali (PRB), semakin melebarkan sayapnya. Akhir pekan lalu (27/9), PRB Chapter Lampung resmi berdiri. Pasemotonan Riders Bali mulanya, merupakan kumpulan bikers yang merupakan...

BMW G 310 Series Terbaru Siap Meluncur Awal Bulan Oktober

BMW G 310 series terbaru dipastikan akan meluncur pada awal bulan Oktober 2020 ini. Hal ini terungkap dalam, beberapa teaser yang tersebar di jagad...

GCN Chapter Garut Rayakan HUT Pertama Dengan Semangat ‘Kertas’

Merayakan hari jadi yang pertama, GCN Chapter Garut adakan tasyakuran sekaligus pencanangan diri sebagai bagian dari keluarga besar GSX Community Nusantara. Dengan mengusung tema 'Kertas'...