Ternyata Ini Efek Bersihkan Busi Pakai Amplas Atau Sikat Kawat

Salah satu kebiasaan yang sering diterapkan ketika performa motor mulai menurun adalah membersihkan busi dari kerak nih Sobat Zonbie. Caranya kebanyakan dengan mengamplas, atau menyikatnya dengan sikat kawat.

Ternyata ini salah kaprah lho Sobat Zonbie. Alih-alih bikin bersih, mengamplas, atau menyikat dengan sikat kawat ternyata malah memberi efek negatif pada busi.

“Justru mengamplas atau menyikat akan memperlebar celah ground dan elektroda, bukannya bersih tapi justru terkikis,” wanti Diko Oktaviano, Technical Support NGK Busi Indonesia.

Loading...


Menurutnya kerak sisa kotoran di busi itu sudah menempel di elektroda, dan amplas akan ikut mengikis elektroda. “Memang bisa dibersihkan, tapi performance bakal berbeda banget. Terutama di tanjakan yang bakal terasa,” urainya.

Selain itu, kalau dibersihkan, efeknya juga hanya sementara, karena akan ada lagi kotorannya. Karena membersihkan kotoran pada busi, bukan berarti menyelesaikan masalah di ruang bakar untuk jangka panjang. Tetapi hanya bersifat sementara, di mana tumpukan karbon akan kembali hadir jika pembakaran tak sempurna.

Terus bagaimana jika setelah diamplas, terus digetok agar celahnya rapat kembali? Ini sih akal-akalan kelas tinggi Sob. Karena bukannya bikin rapat celah busi, tapi justru bikin ukuran celah gak rata atau miring. Ini tentu bukan solusi tepat jika ingin menyayangi mesin motor Sobat Zonbie agar awet dong.

Loading...


Karena beberapa akibat buruk bakal muncul setelah kondisi ini. Mulai dari percikan api yang tidak stabil. Lalu busi bocor, di mana kondisi api tidak memancar sempurna antara elektroda dan ground. Karena api akan mencari titik yang terdekat dari elektroda. Sehingga, jika yang terbaca adalah inti tembaga, maka api justru akan meloncat ke bagian yang harusnya steril itu.

Bahkan kasus ekstrimnya, malah ada yang groundnya patah masuk ke ruang bakar. Bukannya mau hemat, tapi malah tekor karena harus ganti piston dan linernya. Wah, pasti lebih mahal Sob.

Terus bagaimana kalau mau membersihkannya? Ternyata harus pakai cairan yang bebas metal Sob. Salah satu contohnya cairan brake cleaner. Caranya cukup disemprot, lalu dilap saja. “Jangan pakai penetran, karena mengandung metal, efeknya juga mengikis. Ini sama saja dengan mengamplas,” tutup Diko.

Loading...