Yang Dibutuhkan Sebelum Melakukan Trabasan

Ternyata Ini Loh, Yang Dibutuhkan Sebelum Melakukan Trabasan!

Saat meliput kegiatan trabasan bareng CROTS Tangerang Raya beberapa waktu lalu, Zonbie jadi penasaran apa saja sih yang dibutuhkan sebelum melakukan kegiatan off road dengan menggunakan sepeda motor? Beruntung Zonbie bertemu dengan Bro Budi Agus K atau biasa disapa Bro Botex dan Bro Yuda Sanjaya yang mau berbagi informasi segala sesuatu yang dibutuhkan sebelum melakukan trabasan.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan bagi seorang bikers off road sebelum melakukan kegiatan off road dengan menggunakan sepeda motor diantaranya seperti persiapan Kesehatan, Mental, Apparel, Motor dan banyak lainnya. Apa saja yang dibutuhkan sebelum melakukan trabasan? Simak deh Sob wawancara dengan Bro Botex dan Bro Yuda berikut ini.

Yang Dibutuhkan Sebelum Melakukan Trabasan

Sebelum melakukan off road dengan sepeda motor, apa saja yang dibutuhkan?

Buat trabasan dengan sepeda motor memang berbeda dengan menggunakan jalur On Road. Sebab biasanya bagi para bikers off road, semakin terjal obstacle semakin tertantanglah adrenalinnya untuk mencoba menaklukannya. Yang pasti sebelum melakukan off road persiapkan diri baik secara fisik maupun apparel yang digunakan ataupun kendaaran yang akan diajak trabasan. Untuk fisik alangkah lebih baik lakukan pemanasan sebelumnya, jangan paksakan diri jika memang fisik sedang tidak fit atau jika saat ditengah perjalanan tiba-tiba fisik drop segera berkoordinasi dengan rekan perjalanan jangan dipaksakan juga untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

Sebaiknya trabasan jangan dilakukan seorang diri, lakukan minimal berdua atau berkelompok. Karena jika sendiri akan sulit meminta bantuan jika terjadi sesuatu ditengah perjalanan mengingat main off road sering dilakukan ditempat yang jauh dari keramaian.

Yang Dibutuhkan Sebelum Melakukan Trabasan

Apa saja yang harus di cek pada sepeda motor sebelum melakukan off road?

Mempersiapkan motor sangat penting, karena jika ada yang terlupakan bisa jadi masalah, bukan hanya pada diri sendiri tapi juga dengan teman seperjalanan. Periksa kendaraan sebelum memulai off road secara keseluruhan baik mesin maupun piranti pengereman dan juga semua tali kopling dan gas, pastikan semua dalam kondisi baik. Yang pasti adalah periksa bagian rantai dan juga oli mesin.

Banyak kasus saat melakukan off road yang bermasalah adalah rantai motor dan oli mesin yang kering. Pastikan rantai motor dalam kondisi baik dan oli mesin dalam kondisi siap pakai. Jika perlu bawa cadangan oli mesin untuk persiapan jika tiba-tiba mengalami oli mesin kurang ataupun kering.

Yang Dibutuhkan Sebelum Melakukan Trabasan

Apparel apa saja yang wajib digunakan sebelum ber- off road?

Apparel wajib untuk meminimalisir cedera jika terjadi sesuatu hal, seperti terjatuh misalnya. Standarnya apparel yang wajib adalah helm, jersey, sarung tangan, celana panjang, sepatu dan body protector. Meski demikian ada beberapa catatan yang harus diketahui dan diusahakan digunakan seperti helm, gunakan helm khusus sepeda motor off road dilengkapi dengan goggles-nya hindari menggunakan helm open face untuk menghindari benturan langsung pada wajah saat terjatuh.

Gunakan celana khusus cross, hindari menggunakan celana denim karena celana denim tidak mudah kering saat terkena air. Yang terakhir gunakan sepatu khusus off road (model boot) untuk melindungi bagian kaki hingga betis.

Yang Dibutuhkan Sebelum Melakukan Trabasan

Apa saja yang perlu dibawa saat off road?

Off road atau trabasan bisa dikatakan kegiatan yang lumayan berat, perlu persiapan khusus sebelum melakukannya. Mengenai bawaan saat trabasan, seorang bikers off road wajib mempersiapkan kebutuhannya sendiri dalam artian tidak bisa mengandalkan temannya. Meski saling bantu namun kita wajib bawa sendiri apa saja yang dibutuhkan. Untuk kebutuhan selama di dalam hutan bawalah makanan yang mudah dibawa seperti makanan ringan, roti, coklat apa saja makanan yang mengandung gula. Makanan tersebut untuk menambah tenaga juga dapat menahan rasa lapar hingga bisa menemukan tempat makan seperti warung makan atau rumah warga.

Untuk air minum sebaiknya setiap bikers memilki dan membawa hydropack sendiri. Pastikan setock air minum selalu tersedia, mengingat kegiatan off road dengan sepeda motor sangat menguras tenaga jangan sampai mengalami dehidrasi ditengah perjalanan.

Yang Dibutuhkan Sebelum Melakukan Trabasan

Apa nih pesan buat para penyuka off road dengan sepeda motor terutama bagi para pemula?

Yang sering dilakukan para pemula adalah memiliki rasa malu, ketika kondisi sudah tidak memungkinkan jangan gengsi untuk mengatakan dan meminta rekan seperjalanan untuk berhenti sejenak untuk beristirahat. Jangan memaksakan kehendak sendiri dan jangan tinggalkan teman seperjalanan seorang diri diperjalanan.

Ayo kita jelajahi negeri ini bersama-sama!

Comments
Shares