Friday, January 22, 2021

Ternyata, Ini Rahasia Kompaknya Bodi Honda Forza

Dengan lebar hanya 754 mm, membuat Honda Forza tampak lebih kompak dari seterunya, Yamaha XMax yang punya lebar 775 mm. Padahal, secara volume bagasi, keduanya nyaris sama lho Sobat Zonbie.

Di mana baik XMax maupun Forza mampu menyimpan dua buah helm pada bagasi di balik joknya. Ternyata, rahasianya ada di efisiensi sasis, volume tangki dan posisi radiator lho.

Yup, pada sasisnya, Forza mengaplikasi model steel twin tube underbone, yang jika dibongkar mirip dengan struktur rangka skutik standar seperti Honda Vario.

Baca Juga: Kupas Kunci Kenyamanan dan Handling Honda Forza 250, Ternyata Ada di Ban ‘Belang’ dan Wheelbasenya

Tentu dengan size lebih besar dan adanya sepasang tulang penguat yang menghubungkan bagian tengah underbone dengan subframe di belakang.

Berbeda dengan sasis Yamaha XMax yang bertipe tubular perimeter yang mengingatkan kita akan kekarnya frame Italjet Dragster.

Kemudian, kompaknya desain Forza juga hadir dari tangki bensinnya. Di mana tangki XMax volumenya mencapai 13 liter, sedangkan kapasitas tangki Forza cukup 11,5 liter.

Tapi di samping itu, ternyata yang paling berperan besar adalah penempatan radiator Forza yang sedikit ‘out of the box’ Sob. Yakni ada di bawah jok, tepat di balik tangki bensin.

Latest Update