Ternyata Nggak Semua Pelek Palang Ideal Buat Ban Tubeless

Saat ini, nyaris semua varian motor baru yang beredar di Indonesia dibekali pelek palang, atau cast wheel.

Selain desain yang keren, penggunaan pelek palang juga memudahkan saat mencuci serta dalam perawatannya karena tak butuh penyetelan berkala, seperti pelek jari-jari.

Disamping itu, hadirnya pelek palang juga membuat banyak konsumen beralih memakai ban tubeless. Tapi, ternyata nggak semua pelek palang itu ideal buat memakai ban tubeless lho Sobat Zonbie.

Baca Juga: Cari Ban Premium? Datang Saja Ke Vidici Tire Shop

“Dimaksud ideal, karena semua pelek palang bisa memakai ban tubeless. Tapi nggak semuanya memberi kemampuan maksimal,” ucap Ucok Marbun dari gerai ban dan oli Vidici Tire Shop di Jl. H. Asmawi No.23 Beji-Depok.

Ini menurutnya karena ada perbedaan dari pelek yang khusus dirancang untuk memakai ban tubeless dengan pelek palang yang tidak dirancang khusus untuk ban tubeless.

Untuk pelek palang khusus untuk tubeless, terdapat tonjolan di bagian tengah pelek. Tujuannya agar saat ban kekurangan angin, posisi side wall tetap terjaga.

Sedangkan pelek palang standar seperti milik Honda BeAT hingga Vario lawas atau Yamaha Mio series tidak memiliki tonjolan tubeless.

Efeknya, ada potensi ban terlepas dari pelek saat angin kurang, atau ban kempes. Jadi, jika masih pakai pelek standar, tetap pastikan tekanan angin selalu pas saat berkendara.

Comments
Shares