Terungkap Alasan Bikers Pilih R15, Ternyata Karena Bagian Ini

3 Warna Baru Yamaha R15 V3 - Alasan Bikers Pilih R15
Warna Baru Yamaha R15 V3

Alasan bikers pilih R15 karena motor sport full fairing dari Yamaha ini didukung dengan beragam fitur andalan.

Fitur-fitur handalnya merupakan bagian dari nilai jual R15 yang jadi salah satu alasan bikers pilih R15.

Dikatakan Yamaha, fitur-fitur unggulan itulah yang jadi alasan bikers pilih R15. Hal itu terbukti dari kegunaan sejumlah fitur yang ada pada R15 turut membantu dalam pemakaian sehari-hari maupun menjalani hobi berkendara penggunanya.

Loading...


Baca Juga : Bams Slow 76 Bengkel Spesialis Motor Lawas di Cinere

“Pada dasarnya saya adalah penggemar motor sport dan saya memilih R15 karena kualitas produknya. Mulai dari tampilannya serta berbagai fitur yang terbukti mendukung aktivitas berkendara harian dan hobi touring saya,” ungkap Zidriwan WS, Ketua R15 V3 Indonesia (RVI) chapter Jakarta Barat dalam keterangan resmi yang dikeluarkan Yamaha (27/10/2021).

Warna Baru R15

Loading...


“Terutama fitur yang banyak membantu saya dalam kemacetan adalah Assist & Slipper Clutch. Dan juga saya merasakan handling yang nyaman dan manuver yang baik dengan suspensi Up Side Down (USD). Saya telah membuktikan manfaat fitur-fitur tersebut, karena mendukung aktivitas berkendara saya dengan R15,” tambahnya.

Apa saja sih fitur-fitur unggulan yang ditawarkan sehingga jadi alasan bikers pilih R15?

Spesifikasi Yamaha R15M

Loading...


Assist & Slipper Clutch

Pengalplikasian Assist clutch jadi alasan bikers pilih R15. Fitur ini membuat tarikan kopling R15 lebih ringan sehingga tangan tak mudah capek apalagi saat menghadapi kemacetan jalanan. Saat jalan macet apalagi jika tangan sudah lelah untuk mengoperasikan kopling, ini akan membuat motor tiba-tiba bisa mati jika kopling dilepas mendadak.

Baca Juga : Bernostalgia Dengan Kymco Lawas di Juragan Kymco

Loading...


Dengan Assist clutch dapat membantu menghindari hal tersebut, dimana pengoperasian kopling menjadi lebih enteng, dan tidak mudah pegal saat jalan macet.

Sedangkan Slipper clutch mereduksi efek engine brake saat menurunkan gigi. Laju motor pun lebih mudah dikontrol dengan kinerja tersebut. Motor R15 tetap terasa smooth dan stabil meskipun melakukan pengurangan gear dengan cepat dan rpm cukup tinggi.

Pentingnya manfaat Assist & Slipper Clutch ini juga membutuhkan perawatan yang harus diperhatikan konsumen. Kopling R15 merupakan kopling basah yang terendam oli mesin, maka lakukanlah penggantian oli mesin sesuai perawatan berkala, jadi jangan sampai jarang mengganti oli.

Loading...


Baca Juga : Yamaha XSR 155 Cafe Racer Sexy Dari Bali

Selain itu, setingan free play tuas kopling harus sesuai spesifikasi atau standar pabrikan. Karenanya jika tidak sesuai, lakukan pengaturan free play kopling di bengkel resmi.

Standar free play tuas kopling R15 adalah 10 – 15 mm. Jika free play terlalu kecil maka tarikan kopling terasa lebih keras, sedangkan jika free play terlalu besar maka jangkauan jari justru semakin dekat, efeknya kopling tidak tertarik sempurna, sama seperti setengah kopling. Setingan free play yang tidak sesuai standar pabrikan dapat membuat pengoperasian terganggu dan mempengaruhi kenyamanan berkendara.

Loading...


Spesifikasi Yamaha R15M

Suspensi Up Side Down (USD)

Komponen ini jadi salah satu alasan bikers pilih R15. Di bagian kaki-kaki, R15 sudah mengadopsi suspensi Up Side Down (USD) yang membuat R15 terlihat lebih gagah dan sporty.

Loading...


USD memiliki kemampuan peredaman lebih baik karena mengurangi getaran saat motor dikendarai sehingga motor lebih stabil. Manfaat lainnya juga turut meningkatkan handling saat berkendara dan ketika bermanuver lebih presisi, misalnya ketika melakukan high cornering.

Untuk perawatannya, dengan menjaga suspensi inner tube (pipa kecil) selalu dalam kondisi bersih tidak terdapat kotoran seperti pasir dan debu. Dengan kondisi yang bersih menghindari kerusakan seal oli pada suspensi. Jika seal rusak, bisa terjadi kebocoran oli suspensi. Lakukan penggantian oli suspensi sesuai rekomendasi pabrikan.

Alumunium Rear Arm

Loading...


Bagian lain yang jadi alasan bikers pilih R15 adalah pengaplikasian alumunium rear arm. Swing arm yang terbuat dari aluminium ini berbobot ringan dan kokoh. Keunggulan ini mendukung aktivitas berkendara para penggunanya di medan on road. Lalu memberikan pengendalian sepeda motor yang lebih stabil saat berakselerasi dan melewati jalan berkontur tidak rata.

Baca Juga : Teknologi Smart Watch Selamatkan Nyawa Biker Korban Tabrak Lari

Para penggunanya pun menikmati tampilan yang lebih sporty serta memberikan kesan berkelas dan big bike look.

Loading...


Full Digital Speedometer dengan Shift Timing Light

Pada sepeda motor saat ini banyak yang sudah mengaplikasikan speedometer digital. Fitur ini pun sudah disematkan pada R15 yang memiliki berbagai menu dengan fungsi masing-masing yang dapat dimanfaatkan konsumen. Speedometer digital multifungsi ini lebih informatif dan mudah terlihat.

Menu-menu pada dashboard R15 diantaranya gear position, neutral indicator, water temperature, engine warning indicator, odometer, tripmeter, fuel trip meter, instant fuel economy, average fuel economy, self diagnosis, setting mode, tachometer, VVA indicator.

Loading...


Selain itu dilengkapi juga dengan shift timing light yang mengingatkan pengendara jika ingin melakukan perpindahan gigi sehingga memudahkan pengendara memperoleh performa optimal. Bagian ini juga jadi salah satu alasan bikers pilih R15.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here