Motor Listrik Buatan Universitas Budi Luhur Masuki Tes Kedua, Kecepatan Meningkat Signifikan

BL-SEV01 Universitas Budi Luhur

Motor listrik Budi Luhur Sport Electric Vehicle 01 (BL-SEV01) buatan Universitas Budi Luhur jalani tes kedua setelah mendapatkan penyempurnaan di beberapa komponen bagian kaki-kaki.

Tes kedua dilakukan untuk melihat hasil penyempurnaan dari tes pertama yang dilakukan pada 11 Januari 2021 silam.

Dari hasil tes pertama didapati komponen bagian kaki-kaki kurang mendukung performa BL-SEV01. Khususnya pada sektor kaki-kaki yang meliputi gear set, suspensi, ban, dan swing arm.

Loading...


Akibatnya, motor listrik tersebut tentunya sangat berpengaruh pada keamanan dan kenyamanan berkendara.

“Pengetesan pertama BL-SEV01 mengalami kendala di bagian kaki-kaki, karena tidak cukup mumpuni menopang tenaga motor listrik yang cukup besar,” ucap Sujono dalam keterangan resminya (20/4/2021).

Usai melakukan tes kedua di sirkuit Internasional Sentul, BL-SEV01 telah mengalami peningkatan yang signifikan. Jauh lebih baik dibanding saat tes pertama.

Loading...


“Saya merasa lebih percaya diri, karena motor listrik BL-SEV01 lebih mumpuni di test ride kedua ini. Handling BL-SEV01 meningkat drastis, dan stabil. Khususnya kemampuan melewati tikungan lebih stabil, untuk dibawa rebah,” ucap test rider BL-SEV01, M. Galih Aji Prakoso.

Tak cuma sektor keamanan dan kenyamanan berkendara, dalam pengujian yang dilakukan sebanyak 10 putaran, performa dan kecepatan motor listrik tersebut juga diklaim jadi lebih baik dari sebelumnya.

“Kecepatan maksimal menjadi 135 per jam, dari sebelumnya hanya 100 km per jam,” kata Aji.

Loading...


Motor Listrik Buatan Universitas Budi Luhur Bisa Menjelajah Sejauh 110 Km

 

Cafe Racer dipilih untuk menegaskan performa dan kemampuan BL-SEV01 sebagai sebuah motor sport yang kuat, tangguh, dan agresif. Performanya diklaim setara dengan motor sport 300 cc.

BL-SEV01 menggunakan motor listrik BLDC 96 Volt dengan tenaga mencapai 16 kW dengan dukungan baterai 48Ah dan controller 96 Volt 200 Ampere.

Motor listrik BL-SEV01 diklaim bisa menjelajah hingga 110 kilometer untuk sekali pengisian baterai. Pengisian baterainya sendiri hanya membutuhkan dengan waktu 4 jam saja.

Loading...


Rektor Universitas Budi Luhur, Wendi Usino, menjelaskan bahwa motor listrik BL-SEV01 dikembangkan oleh civitas akademis Universitas Budi Luhur.

“Perkembangan teknologi di era industri 4.0, para akademisi tidak bisa hanya berdiam diri namun harus bisa berkembang untuk berpikir jauh ke depan demi perkembangan ilmu pengetahuan di Indonesia,” kata Wendi Usino di awal pengenalan BL-SEV01 pada 14 Januari 2021.

Dalam proses pengembangannya, UBL mendapatkan dukungan dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan dibantu oleh Katros Garage untuk desain kendaraan.

Loading...


Baik pengajar dan mahasiswa Universitas Budi Luhur mengembangkan motor listrik, baterai, dan modul agar bisa bekerja secara optimal sesuai dengan kondisi, karakteristik, dan medan di Indonesia.

Semua komponen tersebut sudah teruji dan terbukti bisa berfungsi dengan baik setelah melalui rangkaian tes di laboratorium milik LIPI.

Loading...


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here