Test Ride All New CBR150R 2021, Coba Fitur Barunya

Test Ride All New CBR150R

Selain penasaran dengan suspensi upside down big pistonnya, sesi test ride All New CBR150R juga jadi sesi pembuktian kinerja fitur Assist Slipper Clutchnya.

Setelah resmi diluncurkan secara virtual pada Selasa, 12 Januari 2021 kemarin, PT Astra Honda Motor (AHM) pun beri kesempatan untuk melihat dan merasakan secara langsung sensasi baru dalam berkendara motor sport All New CBR150R 2021.

Kesempatan test ride All New CBR150R ini tentu tak boleh disia-siakan, mengingat motor sport full fairing bermesin 150 cc ini punya tampang benar-benar baru yang nyaris identik dengan CBR250RR.

Loading...


Selain itu, meski masih menggunakan basis mesin yang sama dengan generasi sebelumnya, Honda menyematkan fitur baru diantaranya Assist Slipper Clutch dan suspensi Upside Down.

Baca Juga :

All New CBR150R 2021 Adopsi Desain CBR250RR, Ini Penjelasan AHM

Loading...


CBR150R Bertampang CBR250RR Masih Pakai Mesin Lama, Begini Penjelasan Honda

Lantas bagai mana impresi pertama melihat tampilan baru dan pengalaman test ride All New CBR150R ?

Tampilan Bikin Pangling

Loading...


Test Ride All New CBR150R 2021

Impresi pertama saat melihat langsung dari tampak depan, mampu membuat pangling orang yang melihatnya. All New CBR150R 2021 ini benar-benar identik dengan CBR250RR. AHM tak menyisakan sedikitpun garis desain old CBR150R.

Perubahan ini membuat CBR150R terlihat lebih keren. Semakin mencuatkan kesan agresif dan sporty. Selain itu, pengaplikasian suspensi upside down berwarna emas membuat CBR150R terlihat semakin kekar.

Loading...


Perpaduan antara desain fairing yang mengadopsi DNA CBR250RR dengan suspensi upside down berwarna emas mampu mencuatkan aura moge. Meski pada kenyataannya ini hanyalah motor sport bermesin 150 cc.

Saat dipandang pada bagian samping, barulah perbedaan antara All New CBR150R dengan CBR250RR akan terlihat. Perbedaan itu bisa dilihat pada bagian stang, sasis, foot step pengendara dan penumpang, knalpot dan bagian buritannya.

Bodi Terlihat Lebih Besar

Loading...


Test Ride All New CBR150R 2021

Saat pertama kali duduk di atas jok All New CBR150R, kesan pertama yang timbul di sesi test ride All New CBR150R adalah ukuran bodinya terlihat lebih besar.

Hal ini disebabkan oleh desain fairing baru serta pengaplikasian kondom atau cover tangki bbm yang lebih lebar meski kapasitas tangki bbmnya masih sama, yakni 12 liter.

Loading...


Jika dimensi CBR150R generasi sebelumnya (panjang x lebar x tinggi) 1.983 x 694 x 1.038 mm, CBR150R generasi terbaru berukuran 1.983 x 700 x 1.077 mm. Ya.. Ada perubahan ukuran lebar dan tingginya.

Meski secara dimensi berubah lebih besar, tapi ukuran tinggi jok ke tanah justru mengalami pengurangan. Tinggi jok CBR150R lama mencapai 787 mm, sementara tinggi jok CBR150R generasi terbaru cuma 782 mm atau berkurang 5 mm.

Posisi Riding Tetap Nyaman Untuk Harian

Loading...


Test Ride All New CBR150R 2021

Meski terlihat lebih agresif, sporty dan racy, tapi All New CBR150R 2021 tetap mempertahankan posisi berkendara yang nyaman untuk harian.

Saat sesi test ride All New CBR150R, pengendara tak dibuat terlalu menunduk atau membungkuk, karena stang masih diposisikan di atas yoke atau triple clamp. Berbeda dengan CBR250RR yang dipasang di bawah triple clamp sehingga posisi berkendara lebih menunduk.

Loading...


Selain itu, kenyaman posisi berkendara harian juga ditopang oleh jarak jok ke tanah yang lebih rendah serta posisi kaki yang tak terlalu menekuk.

Enteng Diajak Meliuk-liuk

Test Ride All New CBR150R 2021

Loading...


Ukuran bodi memang lebih lebar dan bobot 2 kg lebih berat dibanding generasi sebelumnya, tapi All New CBR150R cukup enteng dan lincah diajak meliuk-liuk melintasi barisan cone.

Diajak slalom dan melintasi tikungan-tikungan pendek trek yang biasa digunakan untuk pelatihan safety riding di AHM Sefety Riding Center di Jawa Barat, all new CBR150R terasa lincah saat melumatnya.

Selain itu, pengaplikasian suspensi upside down tak mengubah karakter CBR150R yang enteng dan lincah untuk diajak bermanuver.

Loading...


Justru berkat pengaplikasian suspensi upside down SFF Big Piston, membuat pengendalian All New CBR150R terasa makin mantap diajak melibas tikungan dan terasa halus saat melakukan pengereman.

Nikmati Fitur Assist Slipper Clutch

Test Ride All New CBR150R 2021

Loading...


Selain penasaran dengan suspensi upside down big pistonnya, sesi test ride All New CBR150R juga jadi sesi pembuktian kinerja fitur Assist Slipper Clutchnya.

Ya, berkat pengaplikasian fitur Assist Slipper Clutch membuat pengalaman berkendara All New CBR150R terasa makin menyenangkan. Tuas koplingnya terasa lebih enteng dan tanpa gejala skid atau roda belakang mengunci saat melakukan down shifting secara ektrim sebelum masuk tikungan.

Efeknya, menikmati tikungan dengan CBR150R terbaru jadi lebih menyenangkan. Karena pengendara dapat mengontrol kecepatan yang diinginkan saat melibas tikungan.

Loading...


Fitur ini jelas sangat membantu pengendara yang menggunakan All New CBR150R untuk aktivitas harian. Pasalnya, fitur assist bekerja memaksimalkan kerja plat kopling namun di sisi lain membuat beban per kopling berkurang.

Dengan pengaplikasian fitur tersebut, jumlah per kopling yang digunakan pada CBR150R generasi terbaru lebih sedikit, yakni cuma 3 per kopling saja. Ini yang membuat tuas koplingnya terasa lebih enteng.

Selain itu, pengaplikasian fitur Slipper Clutch membuat manuver All New CBR150R khususnya saat masuk tikungan jadi lebih menyenangkan.

Loading...


Berkat kerja slipper clutch yang mampu meredam gejala torsi berlebih saat melakukan down shifting atau penurunan gigi secara ekstrim, engine brake dapat dimaksimalkan. Fitur tersebut mampu mengurangi gejala ban belakang skid atau mengunci yang membuat ban kehilangan traksi.

Silahkan Lihat Wujudnya di Diler Honda

Test Ride All New CBR150R 2021

Loading...


Kalau Sobat Zonbie kurang puas dengan penjabaran singkat ini karena tak melihat dan merasakan langsung impresi pertama di atas All New CBR150R, Sobat Zonbie bisa langsung datang ke diler-diler Honda terdekat.

Dalam waktu dekat, unit motor sport 150 terbaru dari Honda ini akan tersedia di seluruh jaringan diler Honda di Indonesia.

Loading...


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here