Test Ride Ninja ZX-25R, Bikin Ketagihan!

Test Ride Ninja ZX-25R

PT Kawasaki Motor Indonesia gelar event Test Ride Ninja ZX-25R. Acara ini diikuti oleh beberapa awak media, termasuk diantaranya adalah jurnalis zonabikers.com.

Test Ride Ninja ZX-25R

Awal masuk pit, sudah tak sabar rasanya melihat langsung dan menunggangi Ninja 250 cc empat silinder ini. Maklum, peluncuran Ninja ZX-25R beberapa waktu lalu digelar secara virtual oleh KMI. Mendapatkan kesempatan Test Ride Ninja ZX-25R pun, tidak bisa ditolak lagi Sob.

Loading...


Setelah mendapatkan briefing singkat tentang teknis uji kendara, langsung saja jurnalis zonabikers.com menunggangi motor berkelir hijau khas Kawasaki.

Yang pertama dirasakan adalah posisi riding dari Ninja ZX-25R ini masih sangat proper untuk tubuh test rider zonabikers.com yang memiliki tinggi badan 173 cm dan berat badan 82 kg. Mendengar suara mesin dinyalakan, luluh hati dan rasanya langsung jatuh cinta pada mesin 4 silinder yang digendong Ninja ZX-25R.

Loading...


Selanjutnya, test rider merasakan responsif muntahan tenaga yang dihasilkan dari mesin 250 cc 4 silinder. Tenaga tersebut disalurkan melalui 6 percepatan yang terasa sangat halus. Terlebih dengan penggunaan quick shifter untuk menambah dan mengurangi gigi.

Mantapnya lagi, fitur quick shifter untuk mengurangi gigi ini sudah dengan teknologi auto blipper.

Jadi, saat menurunkan gigi tanpa menggunakan kopling alias downshft, otomatis putaran mesin akan teriak terlebih dahulu untuk menyesuaikan engine brake. Untuk menggunakan auto blipper ini harus ada sedikit adaptasi, karena momentum engine brake yang muncul jadi sedikit berbeda dibanding biasanya.

Loading...


Nafas si Ninja ZX-25R ini terbilang panjang, motor ini mampu digeber hingga 18.000 rpm dilintasan sirkuit. Untuk mencapai Rpm tersebut pun tak sulit, karena motor ini sangat responsif.

Ketika putaran berada pada 10.000 rpm, tenaga menjadi lebih lembut. Terpikirkan, motor ini pastinya juga bakal nyaman digunakan dikepadatan jalan perkotaan.

Loading...


Beralih ke masalah handling, Ninja ZX-25R terbilang sangat mantap untuk diajak bermanuver. Handling mantapnya, membuat test rider merasa nyaman melahap setiap tikungan.

Untuk bagian pengereman, dirasakan sangat seimbang antara tenaga motor dengan performa rem yang digunakan di Ninja ZX-25R. Kaliper radial monoblok 4 piston yang diusungnya terasa sangat pakem dan mampu mengimbangi muntahan power motor tersebut.

Loading...


Fitur Antilock Braking System (ABS) yang digunakan juga dirasa sangat smooth. ABS mampu menjaga traksi ban depan dan belakang agar tidak mengunci saat melakukan panic braking.

Untuk masalah kenyamana, jangan ditanya deh Sob. Motor ini sangat nyaman sekali. Dari jatah 3 lap yang diberikan, Test rider zonabikers.com malah ketagihan berputar hingga 5 lap.

Loading...


Comments are closed.