Pakai Ban Tubeless

Tetiba Kempes Padahal Pakai Ban Tubeless? Ini 4 Penyebabnya Sob!

Saat akan memulai aktifitas harian, tetiba ban motor kempes pas saat mau digunakan padahal sudah pakai ban tubeless.

Tentunya bikin kesel banget ya Sob? Alih-alih pakai ban yang ga mudah bocor seperti ban tubeless, ternyata malah kempes tanpa sebab.

Perlu diketahui Sob, ban tersebut bukan kempes tanpa sebab. Ada beberapa penyebab yang bisa menyebabkan angin pada ban keluar sehingga ban kempes.

1. Velg bengkok

Terkadang, tanpa disadari saat diperjalanan kita sering terkena lubang. Hal ini dapat menyebabkan bibir velg bengkok.

Secara kasat mata, kadang bengkok pada bibir velg tidak terlihat namun saat diraba baru berasa ada yang tidak rata. Hal ini yang menyebabkan angin pada ban keluar, melalui celah pada bibir velg dan ban.

2. Pentil bermasalah

Piranti satu ini, sangat penting diperhatikan jika ban motor tiba-tiba kempes. Ada beberapa penyebab ban kempes yang disebabkan oleh pentil yang bermasalah.

Diantaranya adalah, pentil pemasangannya kurang sempurna, pentil bocor, pentil tidak menggunakan penutup.

Beberapa faktor diatas, bisa jadi penyebab ban tubeless tiba-tiba bocor Sob. So, jadi coba cek juga pentil ban motor ya Sob.

3. Ada benda yang tertancap

Saat ban tubeless tiba-tiba bocor, coba Sobat Zonbie cek apakah ban tertancap suatu benda. Meski ban tubeless dapat tahan terhadap benda yang menancap pada ban, misal paku atau besi.

Sobat Zonbie harus perhatikan, bentuk dari benda tersebut terkadang ada juga besi yang memiliki bentuk berlubang dibagian tengah seperti besi bekas payung, baut yang memiliki lubang ditengah.

Biasanya, benda-benda tersebut ditebar oleh orang yang tidak bertanggung jawab dijalan. Maka, hati-hati ya Sob.

4. Ban sudah tipis

Alangkah lebih baik, Sobat Zonbie perhatikan secara berkala kondisi ban motor. Periksa selalu ketebalan ban yang bisa Sobat Zonbie lihat melalui indikator ketebalan ban, yang ada pada ban motor Sobat Zonbie.

Ban yang sudah tipis atau botak, bisa jadi penyebab ban tiba-tiba kempes. Karena, struktur ban sudah tidak sempurna lagi.

Nah, itu tadi 4 penyebab ban tubeless yang tiba-tiba kempes. Selalu periksa kondisi motor sebelum beraktifitas Sob, supaya terhindar dari berbagai masalah dijalan.

Comments
Shares