Timeline Sejarah Honda Gold Wing, Rajanya Penjelajah Jalanan Jepang

Honda Gold Wing dilahirkan sebagai motor yang berjuluk “ King Of The King” dan menghasilkan sebuah mesin legendaris. Visi yang tinggi ini terbukti dengan usia Gold Wing yang sudah mencapai 42 tahun dengan total penjualan sekitar 640.000 unit di seluruh dunia.

Sedikit yang tahu jika Gold Wing yang terkenal sebagai motor cruiser model bagger dengan fairing besar dan box gambot awalnya adalah naked bike berkode GL yang dirancang untuk perjalanan jauh, alih-alih menjadi motor kota seperti Honda CB Series.

Berawal dengan model GL1000 Gold Wing pada tahun 1975, motor model Touring ini dbekali dengan mesin Liquid-cooled berkapasitas 999 cc, 4 silinder posisi Horizontal, GL1000 ini menjadi sebuah perubahan yang signifikan pada dunia motor kultur yang menginspirasi bagi para biker dan memdapatkan sensasi baru dalam mengendarai motor. Berikut timeline metamorfosisnya.

 

– Setelah sukses di model sebelumnya, maka pada 1976 diluncurkan Model GL1000 Gold Wing LT, model ini termasuk model yang spesial selama 2 tahun, model limited ini memiliki fitur spesial yaitu stripping berwarna Emas pada tangki, velg dan jari-jari nya dan juga pada sidecover mesin, jok motor bermotif seperti selimut dan radiator di krom.

– Pada tahun 1980 diluncurkan kembali model baru yaitu GL1100 Gold wing, diproduksi selama 5 tahun yang akhirnya mendapatkan feedback dan menghasilkan. mdoel GL1100 dengan power yang lebih besar dengan fokus pada torsi dan kenyamanan mengendarai dan dibekali dengan mesin khusus untuk touring.

1980 juga diluncurkan model GL1100 Gold Wing Interstate, dengan menjamurnya komponen touring dipasaran after market, sehingga Honda meluncurkan model Touring yang diberinama dengan Intersrtate, ditambah dengan fitur saddle bag, trunk dan fairing.

Comments
1 2 3 4
Shares