Monday, October 26, 2020

Tips Menyimpan Riding Gear Agar Awet dan Nyaman Digunakan

Ada masanya ketika perlengkapan berkendaraa seperti helm, jaket dan sarung tangan dan sepatu riding harus tersimpan untuk waktu yang lama. Yang jadi masalah bukan berapa lamanya riding gear itu tersimpan, tapi apakah tempat penyimpanannya layak, bersih dan bersirkulasi udara dengan baik?

Dikatakan Ludhy Kusuma sebagai Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora (DAM), menyimpan riding gear di tempat yang kurang layak tak seharusnya dilakukan. Hal itu bisa memperburuk kondisi perlengkpan berkendara.

“Itu berisiko merusak, karena keringat masih menempel di permukaan lapisan kulit riding gear. Terutama pada saat kondisi hujan, sehingga membuat riding gear menjadi basah atau lembab,” buka Ludhy.

Selain tempat penyimpanan, riding juga perlu mendapatkan perawatan agar kondisinya tetap baik. Baik dari segi fungsi, kenyamanan saat digunakan maupun terkait faktor kesehatan.

Ludhy mengaskan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam merawat riding gear, diantaranya :

  1. Saat tiba di rumah riding gear seperti jaket, sarung tangan, dan sepatu yang basah sebaiknya dikeringkan terlebih dahulu dan di simpan di ruangan yang terbuka dengan kondisi cahaya lampu yang cukup agar tetap menjaga kondisi ruangan tetap hangat. Hal itu akan membantu riding gear tersebut cepat menjadi kering. Namun jika kondisi riding gear tersebut dalam kondisi yang kering, cukup dibersihkan dengan menggunakan lap yang bersih.
  2. Untuk helm, sebaiknya dilap dan dibersihkan dahulu terutama bagian kaca agar tidak ada kotoran yang menempel yang pada akhirnya membuat kaca menjadi berjamur. Untuk bagian dalam dari helm yang bisa dibuka sebaiknya dijemur dan dibersihkan agar kering dari keringat setelah berkendara.
  3. Seluruh riding gear seperti Helm, Jaket, Sarung Tangan, dan Sepatu tetap dijaga kelembapannya secara cukup agar riding gear tersebut tidak cepat rusak seperti terkelupas karena terlalu kering ataupun terlalu lembab yang mengakibatkan jamur atau bakteri dapat tumbuh subur di bagian yang lembab.
  4. Disarankan menggunakan pengharum khusus riding gear untuk tetap menjaga kondisi kelembapan permukaan dari riding gear tersebut.
  5. Secara rutin membersihkan jika mulai terlihat ada debu dan kotoran yang menempel, serta memberikan pengharum yang biasa digunakan agar kondisi riding gear seperti Helm, Jaket, Sarung Tangan, Sepatu dapat selalu nyaman dikenakan.
  6. Jika diperlukan, gunakan cairan disinfektan dengan cara dilap ke bagian-bagian yang dirasa sering disentuh dan terlihat kotor. Hal ini juga perlu dilakukan secara rutin terutama untuk jaket, sarung tangan, dan sepatu dengan bahan kulit agar kondisinya tetap nyaman digunakan ketika digunakan.

Dengan melakukan perawatan, riding gear akan lebih tahan lama dan nyaman saat digunakan.

Latest Update

Gaya Riding Harian Pebalap AHRT Tidak Seperti di Sirkuit Sob!

Meskipun mereka merupakan para pebalap pilihan, gaya riding harian mereka bisa menyesuaikan saat di jalan raya.

Kymco X-Town 250i Teman Perjalanan Yang Menyenangkan

Dengan menggunakan Kymco X-Town 250i jurnalis zonabikers.com menikmati indahnya panorama alam waduk Cirata, Purwakarta, Jawa Barat. Waduk Cirata merupakan waduk yang berada di 3 kabupaten...

Primes Asia Hadirkan UV-C Air Purifier

PT Prima Semesta Asia perkenalkan UV-C Air Purifier, produk baru untuk meningkatkan kualitas udara dalam ruangan. UV-C Air Purifier menggunakan sinar ultra violet untuk...

Filter Ferrox Ninja ZX-25R Laku Keras!

Kawasaki Ninja ZX-25R yang hadir beberapa waktu lalu, sangat laris keras. Hal ini dibarengi juga dengan filter Ferrox Ninja ZX-25R, sebagai komponen after market...

(VESPA PRIMAVERA) RED Hadir Untuk Bantu Melawan HIV/AIDS

Setelah sebelumnya hadir melalui Vespa 946 RED, Vespa kembali bekerjasama dengan Global Fund RED dengan menghadirkan (VESPA PRIMAVERA) RED. Vespa telah menjalin kemitraan penting dengan...