Topper, Bukti Harley-Davidson Tak Hanya Produksi Moge

Apa yang ada di benak Sobat Zonbie saat mendengar kata Harley-Davidson (HD)? Kebanyakan pasti menyebut moge, alias motor besar. Tak salah memang, karena HD terkenal dengan motor cruiser bermesin V-Twin gambot. Tapi jangan salah, HD sempat membuat skuter lho.

Yup, skuter tersebut yaitu diberi nama Topper. Ini satu-satunya skuter yang pernah diproduksi oleh HD, tepatnya di tahun 60-an. 

Secara desain, Topper yang lahir di jaman The Beatles memiliki tampang yang cukup keren untuk meladeni skuter asal Italia, Vespa dan Lambretta. Seperti bisa dilihat dari bentuk headlamp bulat pada bagian ‘dasi’ tebengnya. Beralih ke samping, tepong Topper juga terlihat slim, bukan gembung seperti Vespa.

Oiya, bagian body terbuat dari bahan baja dan sebagian lagi dari fiberglass.

Jangan bayangkan adanya mesin V-Twin di motor ini Sobat Zonbie. Karena Topper hanya mengandalkan mesin berkapasitas 165 cc single-cylinder. Apa bedanya sama Vespa? Bedanya mesin Topper diletakkan dibawah jok diatas floorboard, bukan di sisi kanan. Nah, bisa dibayangkan betapa kecilnya mesinnya bukan?

Sayangnya, mesin Topper tidak silengkapi dengan kipas pendingin, sehingga skuter ini terkenal dengan motor yang mudah overheat di jamannya. Tak heran jika popularitasnya jauh tertinggal dibanding seterunya asal Italia, Vespa.

Comments
Shares