Touring HBD 2019, Jalur Biasa Yang Terasa Istimewa

“Kalo elu touring di Indonesia, mau ke mana pun, sesering apa pun, pasti ada yang baru,” kata aktor senior yang doyan touring, Bucek Depp pada Zonbie beberapa waktu lalu.

Kalimat itu langsung terngiang di kepala Zonbie saat mengikuti touring dari Jogjakarta menuju Ambarawa, lokasi Honda Bikers Day 2019 berlangsung pada Sabtu (30/11) lalu.

Loading...


Bukan apa-apa, jalur Jogja ke Ambarawa terbilang trek ‘biasa’ bagi banyak orang. Tak terkecuali Zonbie. Melintas di jalur ini pakai motor, mobil atau bus, sudah khatam dilalui.

Tapi seperti kata bro Bucek tadi, jalur yang disuguhkan oleh panitia terbilang istimewa. Rute ini cocok banget buat Sobat Zonbie yang ingin berwisata santai di sekitaran Jogja hingga ke Ambarawa. Ingat yang santuy ya, bukan asal sampai tujuan. Karena memang rutenya berputar-putar.

Alhasil, jalur yang normalnya bisa ditempuh dalam 2-3 jam, harus dilalui lebih dari 4,5 jam. Maklum, jarak tempuhnya mencapai 171 km Sob!

Loading...


(Etape I, SR Center HSO Jogja – Cerita Kita Cafe) klik untuk peta

Rombongan turing start dari Safety Riding Centre Astra Motor Yogyakarta pukul 09.00 pagi. Perjalanan dimulai dengan menembus kesibukan kota Yogyakarta, melewati Ring Road Barat menuju Gamping, Kabupaten Sleman.


Akselerasi spontan dan kelincahan Honda ADV150 bisa dirasakan di rute yang cukup padat dan lurus ini.

Loading...


Tak lama, rombongan pun mulai masuk ke wilayah Sentolo, Kabupaten Kulon Progo. Di sini, para peserta turing disuguhkan area persawahan khas Pulau Jawa dengan jalanan yang terbilang baik, melaju dengan kecepatan rata-rata 70-80 kpj. Jalanan pun semakin sempit menuju arah Mungkid, Magelang, dengan pemandangan bervariasi.

Jalanan pun mulai menanjak dan berliku ke arah Jl Magelang-Salatiga (Kopeng) dengan kontur yang tak begitu baik, hingga rombongan kembali menemukan jalur yang cukup ramai.

Loading...


Kondisi jalan seperti ini menguji kekuatan dan kenyamanan berkendara yang disuguhkan oleh skutik penjelajah jalanan Honda ADV150. Fokus peserta turing diuji dengan menyesuaikan laju sepeda motornya.

Dengan total jarak 89 km melintas jalur pedesaan yang berkelok, rombongan turing pun melakukan istirahat sejenak di cek poin pertama, Cafe Cerita Kita.

Udara segar kawasan Krangean, Ngablak, Magelang menjadi penawar lelah sekaligus pemompa tenaga untuk kembali menikmati sensasi berkendara bersama ADV 150.

Loading...


(Etape II Cerita Kita Cafe – Lapangan Pangsar Sudirman) klik untuk peta

Selepas beristirahat di sana, para bikers kembali menyusuri jalan sejauh 82 km dengan rute Magelang-Ketep-Salatiga-Ambarawa. Nuansa perkebunan dan hembusan sejuk udara lereng Gunung Merbabu pun menyambut rombongan untuk kembali memutar tuas gas.

Loading...


Jalanan pun makin ekstrem, naik-turun dengan tikungan tajam seolah tak ada habisnya. Guyuran hujan menambah seru perjalanan sepanjang kawasan Ketep. Kalau Sobat Zonbie minat, jangan lupa sambangi juga lokasi Ketep Pass untuk menikmati view antara Gunung Merapi dan Merbabu.

Dari sini, lebih dari satu jam perjalanan penuh kelok harus dilalui rombongan turing hingga kawasan Genting, Cepogo, Kabupaten Boyolali, ditandai dengan tikungan tajam Irung Petruk yang menjadi landmark kawasan tersebut.

Loading...


Kemampuan peranti rem, baik dengan Combi Brake System (CBS) atau pun Anti-lock Braking System (ABS) Honda ADV150 diuji.

Begitu melewati Jl Raya Boyolali-Semarang, bikers peserta turing dapat leluasa menikmati suasana jalan raya yang lurus dan relatif tidak ramai. Pengujian area kemampuan akselerasi dan top speed mesin Honda 150 cc eSP pun bisa dilakukan di sini, hingga akhirnya rombongan harus berbelok ke arah Danau Rawa Pening yang kembali berliku.

Meski tak lurus, namun tingkat kesulitan dan kontur jalanan tidak begitu ekstrem. Perjalanan seperti ini pun terus ditemui hingga para bikers turing ini kembali menemukan keramaian Ambarawa, Kabupaten Semarang.

Loading...


Setelah menguji performa dan kenyamanan dari Honda ADV150, peserta turing tiba di Lapangan Panglima Besar Jenderal Sudirman, Ambarawa untuk bergabung pada pesta akbar para bikers, HBD 2019.

Oiya, lokasi lapangan sendiri tak jauh dari Museum Kereta Api Ambarawa. Tak heran saat HBD usai, Zonbie sempat melihat beberapa anggota komunitas yang tengah mampir di sana.

Loading...