Toyo Motors, Kendaraan Roda Dua Yang Pernah Dijual Toyota

Toyo Motors

Mungkin sebagian Sobat Zonbie belum mengetahui, pabrikan mobil Toyota rupanya pernah menjual sepeda motor dengan nama Toyo Motors.

Sobat Zonbie pastinya lebih mengenal Suzuki, Yamaha, Honda dan  Kawasaki. Sejarah otomotif mencatatkan, setelah perang dunia II hingga era tahun 1960 perusahaan produsen mobil Toyota pernah menjual sepeda motor.

Toyo Motors

Dikutip dari Young Machine, Kazuo Kawamata mempelajari mesin pembakaran internal sejak usia dua puluhan. Dirinya juga terlibat dalam pengembangan mobil dengan penggerak roda depan pertama di Jepang.

Baca juga : Arai Quantic 2021, Helm Pertama Dengan ECE 22.06

Dari sanalah terjadi pertukaran dengan Kiichiro Toyota yang merupakan pendiri dari Toyyota pada tahun 1942. Saat itu Kazuo Kawamata bekerja sebagai karyawan papruh waktu di Laboratorium Riset Toyota.

Setelah perang, ia memproduksi mesin bantu untuk sepeda “Bismotor” bersama Mizuho Motor Co., Ltd. (pabrikan sepeda motor di Nagoya yang membuat cabton, yang merupakan asal mula dari kata “cabton muffler”).

Toyo Motors

Setelah itu ditingkatkan dengan dukungan finansial dan peralatan dari Nissin Tsusho (sekarang Toyota Tsusho) dan Kariya Koki (dulu Toyota Koki, sekarang JTEKT), dan pada tahun 1949, memiliki mesin bantu sepeda sendiri.  Menyelesaikan “Toyo Motor” dan meluncurkan Toyo Motors di tahun yang sama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here