Trek Sirkuit Mandalika Diaspal Ulang, FIM dan Dorna Ingin MotoGP Indonesia Digelar Sesuai Rencana

Sirkuit Mandalika - HRC
Tes pra musim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika / Foto : Honda Racing Corporation

ZONABIKERS.COM – Akhir pekan kemarin Sirkuit Mandalika jadi tuan rumah tes pra-musim MotoGP kedua setelah sebelumnya tes dilakukan di Sepang, Malaysia.

24 pembalap MotoGP menjajal trek sepanjang 4,130 km yang akan digunakan untuk GP Indonesia pertama setelah 25 tahun MotoGP tak pernah hadir di Indonesia.

Secara keseluruhan, para pembalap memberi nilai positif pada sirkuit baru kebanggaan Indonesia yang dikelilingi pemandangan laut yang indah. Baik dari segi layout, standar keselamatan hingga area run-off yang luas baik aspal maupun gravelnya.

Loading...


Tapi masalah muncul di sisi lain, kondisi trek terlalu kotor dan banyaknya aspal yang terlepas sehingga tes pun sempat dihentikan pada hari pertama.

Pasalnya, selain potensi kehilangan grip akibat trek yang kotor, aspal yang telepas juga membahayakan para pembalap. Karena kerikil yang terpental bisa melukai bagian tubuh pembalap yang tak terlindungi, seperti pada bagian leher.

Melihat kondisi itu, FIM, Dorna dan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) sepakat untuk melakukan perbaikan dan akan dilaksanakan minimal tujuh hari sebelum balapan Pertamina Grand Prix Indonesia digelar pada 18-20 Maret mendatang.

Loading...


ITDC telah menyetujui penilaian dan permintaan FIM. Semua pihak bereaksi dengan cepat dan upaya perbaikan pun sudah berlangsung, termasuk untuk pengaspalan ulang sebagian trek.

Sirkuit Mandalika akan diaspal ulang dari sebelum Tikungan 17 sampai setelah Tikungan 5.

Proses pengerjaan juga akan menggunakan teknologi termutakhir dunia untuk memastikan trek memenuhi standar MotoGP.

Loading...


FIM dan Dorna ingin meyakinkan penggemar MotoGP di Indonesia, dan semua orang di seluruh dunia bahwa Pertamina Grand Prix Indonesia 2022 akan berlangsung pada tanggal yang telah direncanakan.

Dan MotoGP sangat menantikan untuk kembali ke Lombok.

Loading...


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here