Tren Belanja Online Melalui Marketplace, Apa Kelebihannya?

Marketplace

Berbelanja secara online saat ini sudah menjadi gaya hidup baru bagi sebagian besar masyarakat Indonesia khususnya yang berusia 21-35 tahun. Kemudahan dalam bertransaksi, bebas macet dan tawaran fitur yang menarik dari berbagai penyedia layanan transaksi online membuat pertumbuhan jumlah pengguna marketplace semakin meningkat.

Dalam hal bertransaksi Sobat Zonbie selaku pembeli tidak perlu khawatir akan tertipu dengan produk yang akan dibeli karena biasanya penjual menawarkan pilihan barang yang bisa ditukar jika tidak sesuai terkait ukuran, warna atau spesifikasi lainnya.

Marketplace

Loading...


Pembeli juga merasa nyaman dengan adanya rekening bersama yang dijamin oleh perusahaan penyedia jual beli online (marketplace) sehingga kasus penipuan relatif bisa diminimalisir. Kasus penipuan biasanya terjadi jika transaksi tidak menggunakan marketplace atau melalui penjualan online di website ‘abal-abal’ atau bahkan melalui akun pribadi Facebook, Twitter atau media sosial lainnya.

Belanja online memberikan banyak kemudahan dan manfaat yang seringkali tidak disadari oleh pembeli online sekalipun. Apa sajakah kelebihan tersebut?

Keuntungan berbelanja online yang  jika dibandingkan dengan membeli langsung ke toko, jelas beli online lebih murah biaya dan hemat waktu apalagi kalau sampai terjebak macet. Hebatnya lagi beberapa toko online memberikan fasilitas ongkos kirim gratis.

Loading...


Bagaimana soal harga? Memang biaya pengiriman dibebankan pada pembeli. Tetapi ongkos tersebut jauh lebih murah dibandingkan dengan mendatangi sebuah toko. Selain itu, online shop bisa menekan harga karena mereka tidak perlu biaya operasional buka toko dan gaji karyawan.

Marketplace

Selain itu, belanja online bisa dilakukan serentak di beberapa toko online untuk membandingkan produk dan harga hanya dengan duduk manis di depan perangkat elektronik Sobat Zonbie. Selain itu, toko online biasanya juga banyak memberikan peluang bisnis baru untuk tambahan pendapatan untuk Sobat Zonbie dengan sistem dropshipper/reseller berbagai produk tanpa harus meninggalkan rumah.

Loading...


Selanjutnya, ketika berbelanja di sebuah toko atau mall secara langsung, bisa dipastikan banyaknya tawaran diskon, dan juga ‘silat lidah’ si penjual dapat membuat kita jadi kalap dan akhirnya memborong semua produk dengan alasan yang sangat beragam.

Padahal di toko online juga banyak tawaran diskon dan Sobat Zonbie tetap bisa mengontrol diri tanpa perlu mengalami pengurasan isi dompet karena produk yang ada pada toko online memiliki kualitas yang sama dengan yang dijual di pasaran.

 

Loading...