Tren Skuter Matik Baru Tanpa Kick Starter, Apa Alasannya?

Jika Sobat Zonbie perhatikan, skuter-skuter baru seperti Yamaha Lexi dan Honda Vario 150/125 tak lagi dibekali dengan peranti kick starter. Tentu absennya pedal kick starter bukan tanpa alasan.

Ada beberapa faktor yang membuat pabrikan menghilangkannya, mulai dari teknologi motor hingga kebiasaan. Seperti apa?

Hal ini coba dijelaskan oleh Shigeto Kimura, Marketing Director PT Astra Honda Motor (AHM), absennya kick starter lebih pada karena kebiasaan konsumen yang kini jarang menggunakan fitur tersebut.

“Dari survey yang kami lakukan, ternyata jarang sekali konsumen yang menggunakan kick starter. Karena itu, Honda Vario ini fungsi kick starternya kami hilangkan,” ucapnya.

Namun konsumen tak perlu cemas, karena kunci electric starter sehat ada di aki. Untuk itu, Vario 150/125 baru sudah dilengkapi dengan voltmeter, atau voltage indicator di panel spidometernya.

Sedangkan dari kubu Yamaha, Radityo Andi Darma, Head of Premium Brand Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menyatakan jika hilangnya kick starter merupakan efek dai perkembangan teknologi di motor.

“Ini merupakan hasil perkembangan teknologi. Mirip dengan handphone, dulu banyak tombol, kini sedikit. Di motor juga seperti itu. Di mana kini sudah pakai injeksi dan baterai kering. Sehingga makin less maintenance. Kick starter dulu dibutuhkan sebagai back up karena masih memakai aki basah. Sekarang sudah pakai aki kering, rasio kegagalan starter makin sedikit,” urai Radityo.

Tapi menurutnya, langkah Yamaha untuk menghilangkan kick starter dilakukan bertahap. “Dulu sempat ragu, di mana pertama diaplikasi di R15 dan Vixion Advance. Sempat ada resistensi. Tapi makin hari, konsumen makin teredukasi dan makin paham akan teknologi motor yang tak lagi membutuhkan kick starter,” paparnya sembari menyatakan Lexi juga dibekali dengan voltmeter sebagai indikator sehatnya aki.

Comments
Shares