Thursday, January 21, 2021

Tutup Pentil, Si Kecil Penyelamat

Komponen motor ini memiliki bentuk yang kecil, sering dikesampingkan dan dianggap sepele tutup pentil punya peranan yang sangat penting loh Sob.

Tutup Pentil

Selama ini, sebagian orang beranggapan bahwa tutup pentil pada ban adalah sebagai penutup agar tekanan angin pada ban tidak keluar melalui pentil.

Namun, tak hanya itu saja, sebenarnya ada fungsi vital dari penutup pentil pelapis karet pada velg tersebut. Yaitu mencegah kotoran masuk ke dalam ban dan mencegah ban mudah mengalami korosi.

Meski bentuknya kecil dan dianggap sepele, penutup pentil ini punya fungsi yang sangat penting utamanya juga pada keselamatan pengendara kendaraan.

Pada musim panas, penutup pentil ini berfungsi mencegah debu atau kerikil yang akan masuk kedalam pentil ban saat dalam perjalanan.

Saat musim penghujan, penutup pentil juga berfungsi untuk mencegah masuknya air ke dalam bagian pentil.

Jika pentil sampai kemasukan kotoran atau air, pastinya akan merusak bagian-bagian dari pentil yang sebagian terbuat dari bahan karet.

Dikhawatirkan komponen pentil tersebut rusak, saat motor sedang melaju dalam kecepatan di jalan raya. Hal tersebut tentunya, bisa saja menyebabkan adanya kecelakaan bagi si pengendara.

Latest Update