UMKM Binaan FIFGOUP Mampu Bertahan Di Tengah Pandemi

UMKM Binaan FIFGROUP

Betulkah Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) mampu bertahan di saat pandemi Covid-19 saat ini?

Salah satu jawabannya dapat ditemukan dari UMKM binaan FIFGROUP, yang terus berkiprah dengan baik sekaligus lancar dalam pengembalikan pinjamannya yang diperoleh dari waktu sebelumnya.

Hingga tahun 2021, jumlah penerima bantuan dana bergulir FIFGROUP mencapai 279 UMKM dengan total nominal nilai manfaat bantuan modal sebesar Rp 846,5 juta yang tersebar di berbagai titik di seluruh Indonesia, termasuk wilayah Jakarta dan cabang FIFGROUP.

Loading...


Baca Juga :

FIFGROUP FEST 2021 Hadir Untuk Masyarakat Bali, Jangan Sampai Ketinggalan

Untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya, yaitu Jakarta Barat, Cilandak, Ciganjur dan Pamulang. Sedangkan cabang FIFGROUP bantuan dana bergulir ini tersebar mulai dari Cibinong, Bogor, Bandung, Semarang, Solo, Surabaya, Pangkal Pinang, Padang, Batam, Lubuk Pakam, Palembang, Bandar Jaya, Banjarmasin, Balikpapan, Makassar, Manado, Denpasar dan Mataram.

Loading...


UMKM Binaan FIFGROUOP
Suyanti Lelonowati, pengusaha daur ulang keong dari Batam yang mendapat pinjaman dana bergulir FIFGROUP sejak tahun 2019 dan 2020 mengatakan sangat puas dengan pinjaman UMKM FIFGROUP.

Bagi penerima dana dari FIFGROUP dengan proses angsuran yang bagus, tentu dengan monitoring yang baik, akan terus didukung untuk pinjaman berikutnya setelah lunas dalam upaya memperbesar kapasitas dan pengembangan diri masing-masing UMKM tersebut.

Sebagai contoh adalah pencairan pinjaman pada Oktober 2020 lalu. Pada masa pandemi ini, FIFGROUP tetap menggulirkan dana sosial syariah untuk 31 UMKM, yang memiliki prestasi bagus ditahun-tahun sebelumnya, termasuk dalam hal pengembalian pinjaman.

UMKM Binaan FIFGROUP
Erni Dwinastiti, pengusaha pecel asal Denpasar, Bali, yang sedang meladeni pembeli, mulai meminjam sejak 2019 dan 2020, mengatakan pembiayaan UMKM yang diberikan oleh FIFGROUP sangat membantu untuk tetap meneruskan usahanya dan bertahan di kondisi pandemi saat ini

Aman, Senang dan Bahagia

Loading...


Human Capital, General Service and Corporate Communication Director, Esther Sri Harjati, menjelaskan bahwa manajemen berusaha menyalurkan dana pinjaman tersebut kepada mereka yang mempunyai motivasi tinggi untuk maju.

“Sehingga kami juga merasa aman, senang dan bahagia melihat perkembangan UMKM tersebut bisa maju sesuai dengan tujuan kami dalam membina UMKM,” tutur Esther.

Kunci sukses lain dalam pembinaannya, ungkap Esther, adalah hasil dari koordinasi yang baik dari pihak ketiga, yaitu Pemerintahan Daerah atau Perangkat Desa mulai dari Rukun Tetangga (RT), Rukun Warga (RW), Kelurahan dan Kecamatan.

Loading...


“Yang terutama dalam hal pemilihan calon penerima bantuan dana bergulir serta kesadaran dari para penerima untuk mengembalikan dana tepat waktu, karena kami informasikan bahwa dana yang dikembalikan tersebut adalah untuk membantu teman-teman UMKM yang lain. Jadi kita ingin saling membantu untuk maju bersama,” tambah Esther.

UMKM Binaan FIFGROUP
Salah satu penerima dana pinjaman UMKM yang relatif besar adalah Sridadi asal Solo yang mendapat pinjaman sejak 2019 dan 2020, penggiat UMKM dengan usaha lumbung desa dan penggilingan padi, yang mendapat dana sampai Rp 18 juta.

Program Tanpa Bunga

Program dana bergulir ini merupakan salah satu cara bagi mereka yang kesulitan modal untuk meningkatkan kemampuan usaha dalam bidang usaha masing-masing, dengan memberikan bantuan pinjaman tanpa bunga. Nilai pinjaman yang diberikan berkisar antara Rp 1 juta sampai dengan Rp 20 juta.

Loading...


Dalam memberikan dana bergulir, terdapat beberapa kriteria yang menjadi pertimbangan dalam mendapatkan pinjaman dana bergulir FIFGROUP, antara lain memiliki tempat usaha pribadi, memiliki lama usaha berjalan yang cukup, memiliki laporan pembukuan yang baik, memiliki penghitungan rasio penghasilan yang cukup untuk membayar angsuran, dan berada di lingkungan usaha FIFGROUP.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here