Unik! Jepang Terapkan Plat Nomor Motif Kucing Untuk Motor Dibawah 50cc

Negara Jepang memang suka dengan desain barang kecil yang imut-imut yang sering digabungkan dengan motif binatang, terutama kecintaannya terhadap binatang kucing. Jepang juga sangat bangga dengan desain yang mungil, sehingga, sekarangpun plat nomer kendaraan di Jepang digarap dengan desain yang unik.

Memang, untuk mobil pribadi masih tetap menggunakan desain lama yaitu plat nomor warna dasar putih dengan tulisan angka dan huruf kanji lokasi wilayah mobil didaftarkan dengan tilisan warna hijau. 

Loading...


Nah, mulai Oktober ini untuk motor dan skuter serta moped menggunakan plat nomor unik dengan desain motif kucing, khususnya bagi orang Jepang yang tinggal di kota Shunan, Proponsi Yamaguchi. Pada plat nomor skuter tersebut terdapat desain jejak kaki kucing dan nama kota huruf kanji Shunan dibagian tengah terdapat siluet kepala kucing. 

Orang-orang Jepang menirukan suara kucing berbunyi “nyan” dan sejak tahun 2017 mulai dipromosikan di kota Shunyan. Yang mempromosikan kepada para pelancomg di kota tersebut untuk menikmati dan bersantai serta menikmati kota yang penuh dengan kucing yang sudah menjadi gaya hidup kota tersebut. 

Loading...


Sejalan dengan program promosi tersebut, maka pemerintah kota mengganti plat nomor motor skuter dan moped dengan desain gambar jejak kaki kucing dan siluet kucing dan diawali dengan huruf “Ne” yang diambil dari huruf depan kata Neko yang berarti kucing. Namun demikian jumlah plat nomor yang didistribusikan terbatas sebanyak 400 plat nomor untuk tahun ini, dan cetakan kedua akan dicetak kembali tahun yang akan datang. 

Plat nomor tersebut khusus dipasang pada motor atau moped berkapasitas 50cc kebawah, yang diberikan kepada pemilik motor baru atau motor yang sudah habis masa STNK-nya. Plat nomor tersebut gratis sama seperti plat nomor reguler. Bahkan plat nomor tersebut juga telah disosialisasikan melalui akun instagram pemerintah kota Shunyan

Loading...