Upgrade CVT Apa Aja Komponen Yang Diganti dan Berapa Harganya

Upgrade CVT

Salah satu langkah peningkatan performa motor matic adalah dengan upgrade CVT. Langkah ini dilakukan untuk memaksimalkan kinerja CVT untuk meningkatkan performa matic jadi lebih baik.

“Buat yang gak mau sentuh bagian mesinnya, cukup upgrade CVT nya aja. Jadi mesin tetap dalam kondisi standar tapi CVT-nya sudah upgrade,” buka Wisnu Adi Saputro juragan bengkel Rakyat Sinting Matic Shop (RSMS).

Untuk motor yang baru turun dari diler, lanjut pria yang akrab disapa Inu, apa saja komponennya yang diganti dengan budget yang seminimal mungkin tanpa mengubah bagian mesin.

Loading...


“No bore up, no stroke up, no klep up atau mengubah ukuran klep,” tegas Inu.

Berikut Komponen Yang Diganti Untuk Upgrade CVT  :

Uprgrade Pulley Depan

Langkah upgrade CVT pertama yang bisa dilakukan adalah mengubah sudut kemiringan Pulley depan. Ubahan ini bisa dilakukan di bengkel bubut.

Loading...


“Untuk Maxi Series biasanya kita ubah jadi 13,5 atau 13,8 derajat sudut kemiringannya. Dan itu bisa disesuaikan kebutuhannya apakah untuk harian, touring atau race,” kata Inu.

Langkah berikutnya, kerok bagian rumah atau jalur roller untuk meningkatkan pergerakan dan hasil kerja roller jadi lebih baik.

Upgrade Roller

Loading...


Untuk bagian ini, cukup ganti ukuran roller sesuai kebutuhan. Jika ingin tenaga di rpm bawah, maka ganti roller dengan ukuran yang lebih ringan. Tapi jika mau tenaga lebih terasa di putaran atas maka ganti dengan roller yang lebih berat.

“Masalah merek bebas, sesuai keinginan pemilik motor. Banyak kok di speed shop atau online market dengan harga yang cukup beragam.”

“Yang perlu diperhatikan adalah beratnya. Karena akan menentukan motor bisa cepat di putaran bawah, tengah atau atasnya. Jika ingin akselerasi lebih lincah untuk pengguna harian di perkotaan, lebih baik pakai roller yang enteng, di bawah 10 gr. Ada 9 gr atau 8 gr atau kombinasi keduanya.”

Loading...


“Kelemahannya adalah di putaran tengah dan atasnya akan kurang memuaskan. Makanya ukuran ini cocok buat pengguna matic untuk harian di perkotaan, buat ke kantor atau ke kampus.”

Untuk kebutuhan touring, maka pilihan terbaik pakai roller yang ukurannya lebih berat. Memang tarikan di bawahnya akan terasa lemot, tapi tenaga akan ngisi terus di putaran tengah sampai atas.

Upgrade Kampas Kopling Ganda

Loading...


Untuk urusan kampas CVT, Inu tak menitik beratkan pasa satu merek tapi ia menekankan pada bahan kampasnya.

“Terserah mau pakai kampas merek apa dan harganya yang berapa, yang penting bahanya karbon karena daya cengkramnya lebih baik,” kata Inu.

Pun demikian, Inu juga tak memaksakan jika pemilik masih tetap ingin pakai kampas standarnya.

Loading...


Upgrade Mangkok Secondary Sliding Sheave 

Untuk bagian ini, upgradenya tak menggunakan komponen after maket racing guna menekan budget yang dikeluarkan. Tapi ada sedikit modifikasi pada dinding mangkoknya.

“Upgradenya kita tambah lubang-lubangnya. Tujuannya untuk memangkap udara lebih banyak dan membuang debu sisa gesekan kampas kopling dengan mangkok sliding sheave.”

Loading...


“Penambahan jumlah lubangnya bebas, mau simpel atau ekstrim. Tujuannya untuk menangkap angin lebih banyak agar mangkok tidak gosong akibat panas hasil gesekan kampas dan mangkok.”

Upgrade Per Kampas Ganda

“Saya rekomendari untuk penggunaan harian, pakai per kampas kopling ganda yang 1500 rpm,” cetus Inu.

Loading...


“Tapi untuk keperluan lain seperti balap bisa pakai per kampas kopling ganda yang 2000 rpm atau di atasnya.”

Upgrade Per Torsi

Yang terakhir adalah upgrade per torsi sliding sheave. Komponen ini berfungsi menekan secondary sliding sheave merapat agar posisi belt berada pada bagian atas saat idle.

Loading...


Sehingga ketika motor berakselerasi, belt pada bagian sliding sheave akan turun posisinya ke bawah untuk menghasilkan putaran top speed. “Bisa pakai per torsi yang RPM 1500 atau 2000 juga bisa,” ujar Inu.

“Itu paketan kirian yang kita jual di RSMS. Harga full set-nya cukup Rp 1,5 juta saja. Dengan biaya segitu, kalian sudah bisa merasakan sendiri perbahan peningkatan performa maticnya.”

“Harga itu bisa lebih murah kalau pemilik mau trade in atau tukar tambah. Cukup Rp 1 juta untuk trade in paketan full set tersebut,” pungkas Inu.

Loading...


Nah, gimana Sob? Mau coba upgrade paket kirian ? Kuy langsung aja merapat ke bengkel Rakyat Sinting Matic Shop di Jl. Pejaten Raya No.3 Pasar Minggu, Jakarta Selatan atau telp ke nomor : 081213395996.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here