Upgrade XMAX 250 Jadi 300 cc, Ganti Komponen Ini dan Perhatikan Hal Berikut

Yamaha XMAX 250

Upgrade mesin Yamaha XMAX 250 jadi 300 cc, ganti komponen ini dan perhatikan beberapa hal berikut untuk mendapatkan hasil maksimal dan tidak salah kaprah.

Banyak pengguna XMAX 250 yang merasa kurang puas dengan tarikan maxi scooter bongsor keluaran Yamaha tersebut.

Tenaga yang dihasilkan mesin berkubikasi 249 cc tersebut dirasa kurang mengesankan untuk menggerakan seluruh bodi XMAX yang bobotnya mencapai 179 kg.

Loading...


Salah satu langkah yang banyak diambil oleh para penunggang XMAX 250 yang kurang puas dengan tarikan skutik bongsor tersebut adalah dengan melakukan upgrade mesinnya. Menaikan kapasitasnya dari 250 cc menjadi 300 cc.

Annas Qoribi punggawa bengkel BRN Technical di kawasan Siaga II, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, mengatakan ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat akan melakukan upgrade mesin XMAX.

“Kebanyakan pengguna XMAX yang kurang puas dengan performa mesinnya mereka upgrade mesin jadi 292 cc atau 300 cc,” buka Annas.

Loading...


Step pertama, lanjut lelaki yang akrab disapa Baron, ganti kruk as sama ganti head XMAX 300. Lalu noken bisa pakai yang 300. “Kruk as pake yang ori Yamaha Thailand. Kodep partnya B74,” sambung Baron.

Yang perlu diperhatikan saat pemasangan kruk as adalah perhatikan metal duduknya. Karena setiap kruk as punya kode unik yang akan menentukan warna metal duduk yang akan digunakan.

“Dari kalkulasi kode angka yang ada pada kruk as dan krengkes hasilnya berapa. Nah, angka itu yang menentukan warna metal yang akan digunakan,” terang Baron.

Loading...


“Kalau asal beli metal duduknya tanpa merujuk pada hasil kalkulasi angka di kruk as dan krengkes, bisa berbeda warna dan ukurannya. Kalau kelonggaran masih mending, paling mesin jadi berisik. Kalau terlalu rapet bisa parah akibatnya.”

“Kruk asnya bisa kemakan karena terlalu rapat. Bisa macet juga nantinya.”

Kedua kondisi tersebut tentu memengaruhi performa mesinnya juga.

Loading...


“Terus perhatikan juga metal stang seher. Itu juga sama harus itung kalkulasi dari kode angka di stang dan kruk as buat nentuin warna metal yang akan digunakan,” tegas Baron.

“Habis itu perhatikan kompresinya. Minimal banget pakai kompresi 1:10 lah. Itu minimal banget. Kalau di bawah itu tenaga gak maksimal. Dan terakhir jangan lupa ganti ECUnya. Pakai ECU XMAX 300 juga bisa.”

Urusan biaya yang dibutuhkan, pemilik XMAX harus menyiapkan dana minimal Rp 15 juta. Angka itu sudah termasuk biaya poting polish, kirian (CVT) dan ongkos pasang.

Loading...


“Kalau mau lebih dari itu, headnya pakai XMAX 300, ECU pakai yang stand alone, Noken pakai yang kastem. Tapi biaya jadi lebih mahal karena harga partnya lumayan mahal. Minimal siapin dana Rp 20 juta, lah,” pungkas Baron.

BRN Technical

Jl. Siaga II No.21 RT 2 / RW 5, Pejaten Barat, Jakarta Selatan 12510 – 085771888901

Loading...


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here