USB Charger

USB Charger di Motor Terkena Air? Aman Enggak Ya?

Untuk mengisi daya smartphone atau gadget, beberapa sepeda motor saat ini telah menyematkan USB Charger.

USB Charger

Soket pengisi daya ini, dirasakan jadi fitur wajib bagi motor masa kini. Sebagian bikers bahkan ada yang memasang soket charger sendiri, demi kebutuhan pengisi daya smartphone-nya.

Namun apakah soket charger tersebut aman digunakan saat terkena air? Mungkin tidak ya membuat system kelistrikan motor rusak karena korsleting listrik?

Jawabannya adalah kita harus tahu sebanyak apa air yang masuk. Air tersebut hanya cipratan saja atau merendam soket charger.

Bila air cipratan biasanya tidak akan terjadi korsleting listrik. Namun bila soketnya terendam dengan air sudah pasti bakal terjadi korsleting.

USB Charger

Tapi Sobat Zonbie tidak perlu khawatir, jika terjadi korslet akibat USB charger kemasukan air.

Karena untuk komponen kelistrikan lain pasti aman. Apalagi jika soket charger nya bawaan dari pabrik. Korslet itu hanya akan memutuskan sekring yang terpasang untuk charger itu.

Jadi Sobat Zonbie hanya perlu mengganti sekring dengan yang baru, dan soket charger sudah bisa digunakan kembali.

Nah untuk Sobat Zonbie yang pasang aksesoris tambahan charger tersebut, pastikan tambahkan sekring pada rangkaian kelistrikannya.

Dan yang pasti, sebaiknya Sobat Zonbie harus memperhatikan dan menjaga agar Soket charger yang ada tidak sampai kemasukan oleh air.

Comments
Shares