Vespa Cowboys

Vespa Cowboys, Komunitas Vespa Asal Belanda Yang Mendunia

Jika Sobat Zonbie mendengar kata ‘Cowboys’ sebagian orang akan berpikir, pria tegap penunggang kuda dengan topi lebar yang khas dengan senjata api terselip diikat pinggangnya. Namun bagaimana jika kata Cowboys diselipkan dengan kata Vespa, Seperti Vespa Cowboys?

Ya, Vespa Cowboys merupakan nama sebuah komunitas penunggang Vespa. Nama komunitas ini ternyata telah mendunia lho Sobat Zonbie!

Pada mulanya komunitas pengguna skuter jenis Vespa ini berdiri di Negara Kincir Angin Belanda, tepatnya di kota Breda. Komunitas ini dirintis oleh 5 orang pendiri diantaranya, Berry, Peter, Bob, Marc dan Rookie. Saat pertama kali dibentuk komunitas ini diketuai oleh Berry.

Di latar belakangi oleh kecintaan mereka terhadap Vespa sejak lama (dari kecil mereka terbiasa naik Vespa milik orangtuanya) dan ingin tergabung dalam Sebuah club, mereka berinisiatif untuk membuat club Vespa pertama di kota Breda, Belanda.

Foto ” Scooterlab.uk

Dengan dasar tersebut ke-5 perintis ini pada usia yang rata-rata telah melewati usia 35 tahun, pada tanggal 13 April 2013 mendirikan sebuah club secara resmi bernama “Vespa Cowboys” yang namanya di ambil dari kebiasaan mereka memanggil sesama teman dengan sebutan “Cowboys”.

Selang 1 tahun kemudian pada minggu terakhir di bulan Mei menjadi hari bersejarah untuk perkembangan Vespa Cowboys, untuk pertama kali komunitas ini membuat acara kumpul bersama pecinta Vespa di kota Breda yang dinamakan “Vespa Day Breda” , kegiatan ini dihadiri 84 Vespa dari 100 Vespa terdaftar di kota Breda untuk melakukan touring bersama.

Vespa Cowboys

Setelah itu Vespa Cowboys menjadi club Vespa global dunia secara cepat, di mulai dari beberpa chapter yang berdiri di beberapa negara Diantaranya  Athens, Turky, Cyprus, Hellas,  Australia hingga pada akhirnya masuk ke Indonesia.

Dalam menandakan identitasnya , anggota komunitas ini memakai jaket denim warna biru tanpa lengan. Dengan alasan bahwa jaket denim ini lebih universal dan nyaman di pakai. Terlebih lagi Vespa Cowboys ingin mengedepankan anak Vespa yang berpakaian ala rockers.

Hal ini dikarenakan para pendiri Vespa Cowboys dahulunya sempat tergabung dengan club Harley Davidson di Eropa yang mempunyai gaya urakan dan santai yang sangat berbeda dan bertolak belakang dengan gaya anak Vespa di Eropa yang terlihat elegan dan rapi (mods).

Ini yang coba mereka terapkan dan sebarkan ke seluruh dunia. “Melawan arus” dengan kultur mods yang sangat melekat dengan anak Vespa di Eropa mungkin adalah kata yang tepat untuk menggambarkan Vespa Cowboys dengan jaket denim nya. Beda namun tidak membeda-bedakan.

Comments
Shares