Sunday, January 17, 2021

Vespa Grand Sport VS1 1955, Berapa Yah Harganya?

Karakter sporty dan mesin yang bertenaga, berhasil membawa Gran Sport sebagai salah satu Vespa yang sukses sepanjang masa. Ternyata ada satu unit yang masih dalam kondisi sempurna di ibukota.

Kebanyakan penyuka kendaraan roda dua maupun penggila skuter amat mengenal produk Vespa yang bermesin 150 cc. Namun ada sebuah skuter bermesin 150 cc yang menjadi salah satu produk legendaris Vespa sepanjang masa, yakni Gran Sport. Vespa Gran Sport atau yang juga sering dipanggil dengan nama GS ini, hadir pertama kali di tahun 1955 dan langsung seketika menjadi skuter Vespa ‘papan atas’ berkarakter sporty yang sukses diterima di pasar luas.

Vespa GS diyakini menjadi pondasi kuat bagi perjalanan sejarah pabrikan skuter asal Italia ini. Sebagai awal, Vespa mendesain bodi GS secara revolusioner, dengan dimensi yang lebih besar. Bentuk bodinya pun lebih membulat jika dibandingkan dengan Vespa 150 yang pernah ada. Mulai dari legshield depan hingga bagian buritan, sepertinya sulit sekali menemukan panel bodi yang memiliki bidang lurus. Bahkan lantainya pun sedikit cekung.

Jika boks belakang sisi kiri pada Vespa versi ‘biasa’ dijadikan sebagai kompartemen penyimpanan barang, maka pada GS merupakan ruang bagi aki dan regulator sistem kelistrikan. Ruangan kecil di bawah tangka bahan bakar menjadi ruang untuk karburator dan masih ada kompartemen kecil di bawah jok untuk menyimpan barang atau tool kit. Salah satu keunikan lainnya ialah semua Vespa GS dilabur dengan cat berwarna silver metalik.

Latest Update