Vespa Grand Sport VS1 1955, Berapa Yah Harganya?

Karakter sporty dan mesin yang bertenaga, berhasil membawa Gran Sport sebagai salah satu Vespa yang sukses sepanjang masa. Ternyata ada satu unit yang masih dalam kondisi sempurna di ibukota.

Kebanyakan penyuka kendaraan roda dua maupun penggila skuter amat mengenal produk Vespa yang bermesin 150 cc. Namun ada sebuah skuter bermesin 150 cc yang menjadi salah satu produk legendaris Vespa sepanjang masa, yakni Gran Sport. Vespa Gran Sport atau yang juga sering dipanggil dengan nama GS ini, hadir pertama kali di tahun 1955 dan langsung seketika menjadi skuter Vespa ‘papan atas’ berkarakter sporty yang sukses diterima di pasar luas.

Vespa GS diyakini menjadi pondasi kuat bagi perjalanan sejarah pabrikan skuter asal Italia ini. Sebagai awal, Vespa mendesain bodi GS secara revolusioner, dengan dimensi yang lebih besar. Bentuk bodinya pun lebih membulat jika dibandingkan dengan Vespa 150 yang pernah ada. Mulai dari legshield depan hingga bagian buritan, sepertinya sulit sekali menemukan panel bodi yang memiliki bidang lurus. Bahkan lantainya pun sedikit cekung.

Jika boks belakang sisi kiri pada Vespa versi ‘biasa’ dijadikan sebagai kompartemen penyimpanan barang, maka pada GS merupakan ruang bagi aki dan regulator sistem kelistrikan. Ruangan kecil di bawah tangka bahan bakar menjadi ruang untuk karburator dan masih ada kompartemen kecil di bawah jok untuk menyimpan barang atau tool kit. Salah satu keunikan lainnya ialah semua Vespa GS dilabur dengan cat berwarna silver metalik.

Stang Vespa GS menganut model tertutup atau telah memiliki penutup, tidak seperti stang Vespa 150 pada umumnya saat itu yang masih model terbuka. Bentuk penutupnya pun berdesain aerodinamis dan dilengkapi dengan switch kontak terintegrasi. Khusus pada Vespa GS tipe VS1 di tahun 1955, kabel kontrol gas, rem depan, kopling, dan pemindah gigi, masih berada di luar stang. Selain itu, Vespa Gran Sport telah menggunakan roda berukuran 10 inci, guna kestabilan berkendara.

Meski skuter ini juga menggunakan mesin berkapasitas 150 cc layaknya produk Vespa 150 lainnya, namun varian Gran Sport ini memiliki karakter yang sporty dan mempunyai performa yang lebih tajam. Sebagai awal, transmisi 4-speed yang pertama kali digunakan oleh Vespa. Selanjutnya, rasio kompresi mesin ditingkatkan dan piston pun menggunakan model kubah. Karburator berukuran 23 mm dan sistem knalpot lebih besar dipakai agar output mesin menjadi lebih besar. Engineer Vespa juga melakukan sejumlah modifikasi internal, sehingga mesin tersebut berhasil menyemburkan tenaga hingga 8 hp, lebih besar dari Vespa 150 normal yang ‘hanya’ 5,4 hp, hasilnya top speed Vespa GS diklaim mencapai 104 km/jam.

Meski Gran Sport menjadi salah satu produk Vespa yang sukses, namun saat ini keberadaannya cukup langka. Masalah utama yang timbul ialah isu karat yang menyerang tubuh GS ini, terutama pada bagian lantai yang cekung dan memungkinkan adanya genangan air. Mesin yang rusak juga menjadi alasan kenapa Vespa GS sudah jarang terlihat di jalanan, karena tak sedikit pemiliknya yang lalai menggunakan oli campuran sebanyak 6% ke bahan bakar, sehingga dinding piston dan dinding silindernya menjadi aus.

Beruntung bagi seorang penggila Vespa asal Jakarta Timur bernama Eran Hutabarat, yang berhasil menjadi ‘pawang’ dari sebuah Vespa Gran Sport VS1 tahun 1955 ini. Mungkin faktor keberuntungan telah menemaninya, mulai dari proses mendapatkan hingga merestorasi. Saat ia menemukan sosok VS1 ini, memang dalam keadaan terurai, namun setiap komponennya tidak ada yang hilang satu pun. Sehingga dalam perjalanan merestorasinya pun tidak memakan waktu yang lama, meski ada beberapa bagian yang diganti dengan unit NOS atau New Old Stock, seperti speedometer dan klakson.

Populasi VS1 di Tanah Air pun bisa dianggap super langka, karena boleh dikatakan bahwa Gran Sport VS1 yang dalam kondisi jalan dan utuh pun tidak ditemui saat ini. Selain itu, dengan berbekal pengalaman memiliki Gran Sport VS5, maka Eran pun menganggap bahwa Gran Sport VS1 ini merupakan salah satu pencapaian tinggi dalam hidupnya dalam memiliki skuter Vespa. “Gran Sport VS1 memang sebuah skuter yang nikmat dikendarai, apalagi akselerasinya jauh lebih gesit dibandingkan dengan Vespa 150 era tahun 1950an tipe lain. Apalagi dengan populasinya semakin sukar ditemui, membuat saya selalu ingin merawatnya secara maksimal,” tutup pria berkacamata ini.

Hmm.. Kira-kira berapa yah harganya, sekarang?

Comments
Shares