Tuesday, April 20, 2021

Vespa Kongo, Legenda Klasik Eks Pasukan Perdamaian

Bagi Sobat Zonbie scooterist tanah air tentu sudah tidak asing lagi ketika mendengar nama Vespa Kongo, selain memiliki bentuk yang khas ternyata skuter antik ini menyimpan nilai sejarah yang sangat tinggi bagi negara Indonesia. Model Vespa ini muncul dan mulai populer setelah era kemerdekaan negara RI yaitu pada awal tahun 60-an dan merupakan suatu kebanggaan bagi mereka yang beruntung memilikinya saat itu.

Bentuk tebeng samping yang bulat lonjong menyerupai bentuk telur, membuat masyarakat Indonesia menyebut varian Vespa Kongo ini dengan sebutan Vespa Telur. Di beberapa daerah bahkan menyebutnya dengan sebutan Vespa Ndog Kentus yang artinya sama juga dengan Telur.

Vespa Kongo
Pasukan Perdamaian Kontingen Garuda Berpose Dengan Vespa Kongo

Sebutan Kongo sendiri pada awalnya diambil dari para anggota Tentara Nasional Indonesia yang saat itu tergabung dalam Kontingen Garuda, mereka mendapat tugas dari pemerintah RI pada saat itu melalui PBB sebagai Pasukan Penjaga Perdamaian dari Indonesia di negara Kongo. Model Vespa inilah yang diberikan kepada prajurit Pasukan Penjaga Perdamaian tersebut, sebagai penghargaan pemerintah Indonesia atas jasa-jasa mereka. Sumber lain mengatakan, bahwa selain motor Vespa ini ada juga bentuk penghargaan lain berupa uang dan beberapa peti jarum jahit.

2 COMMENTS

Comments are closed.

Latest Update