Vespa Ternyata Sempat Ikut Rally Dakar dan Finish, Hebat Sob!

Vespa dan Rally Dakar mungkin bukan dua kata yang bakal Sobat Zonbie sangka akan saling berhubungan. Tapi jangan salah, karena ternyata Vespa sempat turun di ajang yang dulunya bernama Rally Paris-Dakar.

Dikutip dari Redbull.com, kembali ke tahun 1980, ada empat pebalap nekat yang alih-alih memakai Vespa P200E ketimbang motor offroad seperti Yamaha XT 500, BMW 800, atau Honda 500 XLS.

Loading...


Keempatnya adalah Jean-Francois Piot, Yvan Tcherniavsky, Marc Simonot dan Bernard Tcherniavsky. Mereka nekat bertarung dengan 81 peserta di kategori motor lainnya dalam menjelajahi 7 negara di Eropa dan Afrika. Tepatnya dari titik start di Paris, Perancis menuju lokasi finish di Dakar, Senegal.

Di tahun ke-2 gelaran Rally Paris Dakar ini, total jarak yang ditempuh mencapai 10.000 km, termasuk titik terganas, Gurun Sahara.

Meski bukan menjadi juara, namun ketangguhan Vespa sangat terlihat karena dua dari empat motor yang digeber Marc Simonot dan Bernard Tcherniavsky sukses hingga di garis finish. Padahal, hanya 37 persen, atau 79 kendaraan dari 211 peserta yang sanggup menuju garis finish.

Loading...


Yang menarik, ternyata Rally Paris Dakar bukanlah ajang reli pertama yang diikuti Vespa. Karena di tahun 1951, pabrikan motor asal Italia tersebut sudah lebih dulu turun di ajang International Six Days Enduro Competition ke-26 yang diadakan di Verese, Italia dan berujung pada lahirnya model berjuluk Sei Giorni.

Loading...


Comments are closed.