Vincent Rapide, Ini Salah Satu Motor Bermesin Tercantik Sepanjang Masa

Meski bertebaran motor-motor baru dengan desain eksotis dan mesin gahar, tapi jangan anggap remeh motor Vincent Rapide keluaran 1950-an ini. Pasalnya, mesin motor asal Inggris ini dipertimbangkan oleh para sejarawan motor sebagai motor yang paling cantik sepanjang masa.

Menilik sejarah Vincent Rapide, sebenarnya desain motor ini secara idenya secara kebetulan berada di meja Phil Irving yang menjabat sebagai Vincent HRD Desainer saat itu.

Perusahaan Motor Vincent telah memproduksi 2 motor dengan mesin single silidner, yaitu Meteor dan Comet. Seiring waktu, Irving memperhatikan dua buah gambar mesin bertumpukan membentuk formasi huruf ‘V’. Setelah diperhatikan agak lama akhirnya muncullah pemikiran bahwa dia akan mampu membuat mesin V-Twin tersebut.

Untuk membangun mesin baru, dicomot piston dan head yang ada pada motor Meteor, maka segeralah dia menggambar crankcase baru.

Phil Irving menggambar konsep dari mesin V-twin yang ada dibenaknya lalu diajukannya pada boss perusahaan Vincent yang sangat antusias setelah melihat gambar desain mesin yang dibuat oleh Phil, saat itu memang Vincent membutuhkan mesin yang lebih bertenaga, dan desain baru inilah yang akan menyelamatkan perusahaan mereka.

Terciptalah mesin berkapasitas 998cc 47 derajat V-twin dengan bore 84mm dan stroke 90mm, sehingga menghasilkan tenaga sebesar 45dk yang kemudian dipasang pada motor seri Vincent Rapide yang mampu meraih kecepatan hingga 110 mph. dan kemudian diproduksi secara massal, namun produksi motor tersebut terhenti pada tahun 1955. Setelah perang dunia ke-2 berakhir motor ini banyak digunakan untuk balapan selama beberapa dekade.

Kabar gembira bagi para penggemar atau kolektor motor klasik adalah motor tersebut bakal dilelang pada tanggal 25 januari 2018 dengan kisaran harga antara $70.000 hingga $85.000 (Rp 941 juta – 1,1 miliar) melalui rumah lelang Bonhams di Las Vegas.

 

Comments
Shares