Monday, January 18, 2021

Wah! Pakai Interphone Saat Riding Bakal Dilarang Sob!

Perangkat komunikasi bebas genggam yang disematkan pada helm atau sering disebut dengan interphone, akan dilarang penggunaannya.

Alat komunikasi bebas genggam ini, biasanya dapat terkoneksi dengan smartphone melalui bluetooth. Interphone ini juga memungkinkan komunikasi antar bikers yang menggunakan alat yang sama, saat berkendara dengan sepeda motor.

Alat tersebut dianggap membahayakan pengendara saat mengemudikan sepeda motornya, melebihi bahayanya menggunakan telepon genggam saat berkendara. Mengutip Motorcyclenews hal ini bakal terjadi di Inggris, sebuah komisi umum terpilih mengajukan kepada pemerintahan setempat untuk memperluas perundang-undangan lalu lintas tentang penggunaan perangkat handsfree nirkabel tersebut.

“Terlepas dari resiko membahayakan diri sendiri, penggunaan alat hands free saat berkendara juga dapat membahayakan pengguna jalan lain. Faktanya, banyak pengguna perangkat tersebut yang kurang fokus saat berkendara. Tentunya, menggunakan perangkat tersebut saat berkendara bisa menyebabkan kecelakaan.” Ujar Lilian Greenwood MP, ketua Komisi.

Komisi tersebut pun mematahkan anggapan, menggunakan alat komunikasi bebas genggam itu aman. Menurut komisi tersebut, penggunaan alat komunikasi apapun dapat menurunkan konsentrasi pengendara saat berkendara di jalan raya.

“Ada juga kesan yang menyesatkan bahwa penggunaan alat komunikasi bebas genggam itu, aman. Kenyataannya adalah bahwa setiap penggunaan alat komunikasi dapat mengalihkan perhatian dari kemampuan pengemudi untuk memberikan perhatian penuh saat berkendara. Pemerintah harus mempertimbangkan untuk memperpanjang larangan untuk hal ini.” Lanjut Lilian Greenwood.

Latest Update