Sepeda Motor Ferrari

Wah! Ternyata Ferrari Pernah Buat Sepeda Motor Juga?

Ferrari, bagi sebagian orang diketahui sebagai pabrikan mobil supercar kenamaan. Tapi siapa sangka, Ferrari juga pernah membuat sepeda motor.

Sepeda Motor Ferrari

Dikutip dati Rideapart, Ferrari membuat motor pada tahun 1990 oleh David Kay dari David Kay Engineering. David mendapatkan perizinan secara tertulis dari, Piero Ferrari yang merupakan putra dari Enzo Ferrari. Motor berkapasitas mesin 900 cc ini pun dipersembahkan sebagai bentuk penghargaan kepada Enzo Ferrari selaku pemilik pertama Ferrari.

David Kay tidaklah sendirian dalam membangun motor ini. Dirinya memang membuat desain awal secara khusus pada mesin motor empat silinder DOHC 900 cc. Kemudian untuk urusan bodi-bodi dari alumunium dan knalpot megaphone diserahkan kepada Terry Hall. Suspensi upside down di bagian depan dibantu oleh Forcelle Italia. Kemudian Velg 17 inci dibuat oleh Australite yang lengkap dengan rem depan dan belakang dari Brembo.

Motor yang dihasilkan memiliki bobot 172 kilogram dan mampu mencapai kecepatan maksimal 265 km/jam. Mesin yang dirancang oleh David Kay mampu mengeluarkan tenaga maksimal 105 bhp pada 8.800 rpm.

Sepeda Motor Ferrari

Faktanya, sebenarnya motor ini tidak pernah menunjukkan kemampuannya di jalan raya, karena memang dituju sebagai sebuah karya seni.

Ferrari sendiri tidak ingin memproduksi massal motor ini. Pantas saja, sepeda motor Ferrari ini seringkali keluar masuk rumah lelang. Nilai terakhir dari lelang pada motor ini mencapai USD 308.281 atau setara dengan Rp 4,2 miliar.

Comments
Shares