Wednesday, April 14, 2021

Wajib Menggunakan Helm Saat Bermotor, Ini Aturannya Sob!

Setiap pengendara dan penumpang sepeda motor wajib menggunakan helm. Aturan ini tertuang dalam beberapa pasal, di Undang-undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Helm merupakan peralatan keselamatan berkendara yang wajib digunakan, kala Sobat Zonbie mengendarai sepeda motor. Secara fungsional, helm digunakan guna meminimalisir potensi cedera parah pada bagian kepala dan leher saat terjadi kecelakaan.

Baca juga : Membonceng Anak Kecil, Jangan Asal Membonceng Sob!

Aturan wajib menggunakan helm ini tertuang dalam UU no.22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Pasal 106 ayat 7 dan 8.

“Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor beroda empat atau lebih yang tidak dilengkapi dengan rumah-rumah di Jalan dan penumpang yang duduk di sampingnya wajib mengenakan sabuk keselamatan dan mengenakan helm yang memenuhi standar nasional Indonesia,” bunyi pasal 106 ayat 7 UU no.22 tahun 2009.

“Setiap orang yang mengemudikan Sepeda Motor dan Penumpang Sepeda Motor wajib mengenakan helm yang memenuhi standar nasional Indonesia,” tulis pasal 106 ayat 8 UU yang sama.

Bagi siapapun yang melanggar kedua pasal di atas, hukuman denda pun sudah menanti seperti tercantum dalam pasal 291 ayat 1 dan 2.

Latest Update