Tuesday, April 20, 2021

Wajib untuk Turun Saat Mengisi Bahan Bakar di SPBU

Guna menekan potensi kecelakaan yang tidak diinginkan saat melakukan pengisian bahan bakar, ada beberapa prosedur yang harus dipatuhi.

Satu diantaranya ialah pengemudi sepeda motor harus turun dari kendaraannya dan menurunkan standar tengah atau dua.

Supervisor SPBU COCO Pertamina MT Haryono, Hendro Sihombing menuturkan, hal ini dilakukan agar ketika timbul api saat motor diisi bensin, penanganan pertama bisa segera dilakukan.

Petugas SPBU menggunakan alat pelindung wajah saat melayani pengendara di SPBU Pertamina 31.128.02 di Jl. Letjen M.T. Haryono, Jakarta Timur, Senin (1/6/2020). Penggunaan alat pelindung wajah (Face Shield) tersebut sebagai salah satu upaya untuk melindungi diri saat berhubungan langsung dengan pengendara dalam pencegahan penyebaran COVID-19.

“Selain itu, kewajiban sepeda motor harus distandar dan pengumudinya turun saat isi bahan bakar untuk menghindari penyebaran api akibat bensin tumpah dan lain sebagainya,” ungkapnya seperti dikutip Kompas.com.

“Sebab, ketika ada percikan api umumnya pemilik akan panik dan meninggalkan atau menjatuhkan motor segera. Perilaku seperti ini yang ingin dihindari, karena potensi api tambah besar dan menyebar,” lanjutnya.

Berbeda jika motor berdiri pakai standar dan pemiliknya turun dari motor. Seandainya ada kebakaran, pemilik hanya lari meninggalkan motor di tempat tapi api tidak menyebar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Update