Monday, January 18, 2021

Waspada Jalan Licin, Perhatikan Cara Berkendaranya Sob

Musim hujan masih melanda Indonesia. Efeknya, jalanan licin yang berbahaya. Tapi, jika Sobat Zonbie mengutamakan safety riding, tentu bahaya bisa diminimalisasi.

Misalnya dengan tidak menerobos genangan air di depan. Karena dengan adanya genangan, kita tidak bisa memprediksi seberapa dalam lubang di jalanan tersebut.

Nggak jarang kasus kecelakaan terjadi akibat dari pengendara yang memaksa menerobos genangan air Sobat Zonbie. Bahkan ada pula motor yang akhirnya tenggelam, karena genangan air tersebut menyambung dengan selokan.

Selanjutnya, jangan lupa menjaga jarak aman dengan pengendara lain. Minimal jarak 1 meter dari pengendara di depan. Karena dengan adanya jarak, maka resiko insiden karena kondisi rem mendadak bisa dikurangi.

Kemudian, pastikan lampu utama motor Sobat Zonbie selalu menyala. Selain untuk menambah jarak pandang, lampu utama bisa digunakan untuk membantu pengendara lain agar bisa melihat posisi kita.

Lalu saat menyalip ada baiknya Sobat Zonbie memastikan kondisi arah depan aman. Bisa dengan membunyikan klakson, atau dengan memberi lampu besar.

Jangan berkendara terlalu kencang. Kurangi kecepatan saat melewati jalan yang becek, berkerikil atau berpasir. Resiko terjatuh di jalanan licin tersebut tentu sangat besar Sob. Makanya, selalu waspada ya.

Latest Update