Telepon Seluler

Waspada! Gunakan Ponsel Berlebihan Bisa Picu Penyakit Ini Sob!

Sobat Zonbie sering beraktifitas dengan menggunakan telepon seluler (ponsel)?  Saat ini ponsel termasuk benda wajib yang dimiliki. Ponsel menjadi benda yang selalu dibawa kemanapun. Tidak heran, karena kecanggihan ponsel saat ini memberi banyak kemudahan. Namun, penggunaan ponsel berlebihan dapat menimbulkan risiko gangguan kesehatan.

Selain alat komunikasi, telepon seluler punya banyak fitur yang dapat dinikmati penggunanya. Mulai dari kamera, permainan, hingga akses internet. Namun, peneliti kemudian menunjukkan bahwa penggunaan ponsel berlebihan dapat membawa dampak negatif bagi kesehatan seseorang.

Dikutip dari situs alodokter.com, yang perlu diperhatikan adalah tingkat risiko gangguan kesehatan akibat ponsel, tergantung dari intensitas penggunaan. Semakin tinggi tingkat penggunaan, maka semakin tinggi pula risiko gangguan kesehatan yang ditimbulkan.

Misalnya, terlalu banyak paparan cahaya di malam hari sebelum tidur akan mempengaruhi kualitas tidur, sehingga dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, seperti diabetes, obesitas, dan penyakit jantung.

Telepon Seluler

Selain itu, beberapa gangguan kesehatan yang juga bisa terjadi akibat penggunaan ponsel berlebih adalah:

Trigger thumb (jempol menekuk)

Pada kondisi ini, ibu jari tetap dalam keadaan bengkok meski sedang tidak menggunakan ponsel. Ibu jari yang kaku ini dapat menimbulkan sensasi gemeretak dan rasa sakit pada sendi ketika dipaksa untuk kembali pada posisi lurus. Trigger thumb terjadi akibat penebalan pada pembungkus tendon ibu jari, sehingga jari menjadi sulit untuk bergerak bebas.

Cubital tunnel syndrome

Saat memainkan ponsel mungkin kamu sering menekuk dan menyandarkan bagian siku, baik hanya untuk memegang ponsel, bermain dengan ponsel, atau saat menelepon. Jika terlalu sering dilakukan, ada risiko saraf ulnaris di bagian sikutmu akan terganggu. Akibatnya kamu akan mengalami mati rasa, kesemutan hingga nyeri di bagian siku atau lengan bawah yang menjalar hingga kelingking dan jari manis.

Text neck syndrome

Menggunakan ponsel secara berlebihan, cenderung membuatmu terlalu banyak menengok ke bawah. Hal ini lama kelamaan dapat menyebabkan ketegangan pada otot-otot leher sehingga terasa kaku, bahkan menimbulkan nyeri yang menjalar hingga bahu dan lengan.

Merusak penglihatan

Sinar biru (bluelight) yang dihasilkan oleh layar ponsel memiliki bisa menyebabkan mata lelah, dan kemudian dapat menimbulkan rasa sakit pada mata. Jika terjadi dalam jangka panjang, gelombang ini bisa merusak kornea dan membahayakan fungsi penglihatan.

Kanker

Penelitian menunjukkan adanya kemungkinan radiasi ponsel bersifat karsinogenik atau dapat menyebabkan kanker. Meski begitu, belum didapatkan bukti klinis yang cukup kuat untuk mendukung pendapat ini, sehingga masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut.

Yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah meningkatnya risiko kecelakaan lalu lintas akibat penggunaan ponsel pada saat mengemudi. Risiko kecelakaan lalu lintas meningkat hingga 3-4 kali lebih besar, ketika menggunakan ponsel sambil menyetir, baik dipegang maupun menggunakan hands-free.

Comments
Shares