Waspada Sob, Modus Tindak Kejahatan Ini Pernah Terjadi di Komunitas

Waspada pada modus tindak kejahatan memang harus senantiasa dilakukan oleh setiap orang, tidak terkecuali para bikers dan komunitasnya.

Sobat Zonbie ingat pesan Almarhum Bro Arie Hendrosaputro alias Bang Napi saat menutup program berita kriminal?”Kejahatan tidak selalu terjadi hanya karena ada niat dari pelakunya, tapi juga karena ada kesempatan. Waspadalah, waspadalah!”

Modus Tindak Kejahatan

Pesan tersebut bukan slogan semata, mungkin Sobat Zonbie pernah tahu atau mendengar, beberapa kasus tindak kejahatan yang dilakukan oleh oknum bikers didalam komunitas maupun kepada orang lain diluar komunitas.

Kejahatan tersebut tentunya bakal mencoreng nama baik komunitas Sobat Zonbie. Apa saja sih modus kejahatan yang terjadi didalam komunitas? Berikut adalah beberapa modus yang dilakukan para oknum bikers yang bertindak jahat dan harus Sobat Zonbie waspadai.

Penipuan

Ada berbagai macam cara yang dilakukan para oknum bikers yang mempunyai niat tidak baik didalam komunitas yang diikutinya, salah satunya adalah penipuan.

Beberapa kejadian pernah dialami para bikers yang telah ditipu oleh oknum bikers rekannya sendiri. Memanfaatkan rasa persaudaraan dengan modus ditengah kesulitan atau tertimpa musibah, sang oknum mencoba meminta belas kasihan dari rekannya sesama bikers. Bikers lainnya pun mendengar rekannya ada yang mempunyai masalah, pasti akan membantu.

Setelah mengumpulkan donasi bantuan dan bantuan diserahkan ternyata oknum bikers tersebut berbohong. Oknum bikers tersebut tidak sedang mengalami kesulitan atau musibah, pelaku tega menipu rekannya mentah-mentah hanya untuk kepentingan dirinya sendiri.

Penggelapan

Salah satu modus kejahatan yang paling sering terjadi didalam komunitas adalah penggelapan. Mulai dari penggelapan uang kas komunitas, penggelapan uang pembayaran seragam atau kaus komunitas, hingga penggelapan motor milik salah satu bikers.

Umumnya pelaku gelap mata dengan adanya kesempatan yang bisa dilakukan untuk menggelapkan uang atau motor rekan sesama bikers.

Salah satu contoh yang terjadi adalah, dengan alih-alih membantu mengurus surat-surat kendaraan seperti perpanjangan STNK pelaku membawa kabur motor korbannya dengan alasan untuk gesek nomor rangka dan nomor mesin. Bukannya membantu malah membawa kabur motor korbannya untuk dipreteli atau dijual.

Pencurian

Modus kejahatan pencurian juga bisa terjadi didalam komunitas Sob. Saat kopdar atau saat melakukan suatu kegiatan pastikan barang berharga milik Sobat Zonbie dijaga dan diawasi dengan baik.

Merasa ada kesempatan baik melihat barang berharga tergeletak, pelaku yang sedang gelap mata bisa saja tergoda untuk mengambil barang yang bukan miliknya.

Kejahatan Seksual

Nah yang ini khusus buat para lady bikers nih, Sobat Ladies harus waspada terhadap oknum bikers pria yang pandai merayu dan berbohong. Dengan segala upaya biasanya oknum ini akan merayu demi kepuasan dirinya.

Ibarat habis manis sepah dibuang akhirnya Sobat Ladies yang akan menanggung beban. Untuk itu tetap waspada Sobat Ladies.

Itu tadi beberapa modus tindak kejahatan yang pernah terjadi didalam komunitas, Sobat Zonbie wajib waspada pada segala kemungkinan kejahatan yang terjadi. Alangkah baiknya kenali dengan baik setiap anggota komunitas Sobat Zonbie. Dan jangan pernah lengah serta memberi kesempatan seseorang untuk berbuat jahat.

Jika Sobat Zonbie ada pengalaman buruk tentang kejadian serupa diatas boleh berbagi cerita pengalamannya di kolom komentar dibawah ya.

Comments
Shares