Waspada Sob! Penyakit Berbahaya Akibat Virus Yang Jarang Terjadi Ini, Wajib Dikenali

0
585
Penyakit Berbahaya

Penyakit yang disebabkan oleh virus beberapa mungkin sudah kita kenal Sob, seperti Influenza atau flu yang merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh virus. Sedangkan polio, ebola, rubella, MERS, dan HIV/AIDS adalah penyakit akibat virus yang tergolong lebih serius. Selain itu, ada pula penyakit berbahaya yang disebabkan oleh virus yang jarang terjadi namun tetap harus dikenali dan diwaspadai.

Mengutip dari situs alodokter.com, Virus memiliki ukuran yang sangat kecil, bahkan lebih kecil dari bakteri. Sama seperti bakteri, virus juga dapat menimbulkan penyakit pada manusia. Virus bekerja dengan menyerang sel sehat, lalu menggunakannya untuk berkembang biak guna menghasilkan virus yang sama (replikasi). Saat terserang virus, sel bisa mati ataupun rusak dan menyebabkan penderitanya menjadi sakit.

Penyakit berbahaya yang disebabkan oleh virus yang lebih jarang terjadi, antara lain adalah papulosis bowenoid, Japanese encephalitis dan Monkeypox. Kenali ketiga jenis penyakit ini dengan baik agar Sobat Zonbie dapat menghindarinya.

Papulosis bowenoid

Papulosis bowenoid disebabkan oleh human papillomavirus (HPV). Penyakit berbahaya ini menyerang organ kelamin dan dapat menyebabkan munculnya kutil di kelamin pada seseorang yang aktif secara seksual. Pada pria, penyakit papulosis bowenoid disebut PIN (penis neoplasia intraepithelial). Sedangkan pada wanita disebut VIN (vulva neoplasia intraepitel), karena terjadi pada vulva. Pada kasus yang terjadi, penyakit ini dapat menyerang anus dan disebut sebagai AIN (anal intraepithelial neoplasia).