Yamaha Roda Tiga

Yamaha Ajukan Paten Desain Baru Motor Roda Tiga

Sebelumnya beredar informasi bahwa Yamaha tengah mengajukan paten untuk desain motor roda tiga yang diprediksi akan menggendong mesin TMax 650. Kali ini kembali muncul informasi bahwa Yamaha tengah mengajukan paten desain motor roda tiga terbaru mereka.

Yamaha mungkin bukan yang pertama memproduksi motor semacam itu, tapi model yang akan dibuat Yamaha saat ini rasaya punya ide berbeda dari motor roda tiga lainnya.

Desain Motor Roda Tiga Yamaha

Hal itu diketahui dari beberapa gambar desain yang akan dipatenkan desainnya. Gambar-gambar tersebut memberi petunjuk bagaimana desain motor Yamaha tersebut akan diproduksi.

Gambar tersebut menunjukan versi yang lebih realistis dibandinding dengan model konsep MW-Vision yang pernah dipamerkan di Tokyo Motor Show tahun lalu. MW-Vision sendiri muncul sebagai model konsep dengan penutup bergaya mobil dengan ban kecil.

Desain Motor Roda Tiga Yamaha

Sementara desain baru ini menampilkan desain untuk pengendara dan penumpang di belakang dan roda lebih besar. Memang, Yamaha tak secara tegas mengatakan bahwa desain ini merupakan pengembangan lanjutan dari MW-Vision, hanya menjelaskan bahwa desain tersebut adalah “Seri Hibrida” seperti ditulis di laman cycleword.

Artinya, motor tersebut tetap menggunakan mesin bakar yang dikombinasi dengan mesin bertenaga listrik.

Dalam gambar desain yang berdar tersebut, terlihat adanya pipa knalpot yang muncul di belakang footboard di tiap sisi. Bagian moncong knalpotnya terlihat tertutup cover asimetris yang menyatu dengan bodi sisi kiri dan kanan bagian bawah.

Desain Motor Roda Tiga Yamaha

Dari desain tersebut, kemungkinan besar mesinnya akan menggunakan konfigurasi paralel 2 silinder.

Belum bisa dipastikan mesin apa dan berapa kapasitasnya yang akan digunakan motor tiga rida ini. Karena saat ini Yamaha punya beberapa line up mesin 2 silinder paralel seperti yang diaplikasikan pada Tmax 650cc, MT-07 690cc atau bahkan Super Tenere 1,199cc.

Saat ini Yamaha memiliki beberapa model Leaning Multi-Wheel (LMW) diantaranya Niken dan Tricity.

Comments