Saturday, January 16, 2021

Yamaha Kembangkan Motor Bermesin Turbo!

Bagi Yamaha, keluarga naked bike MT Series dikenal sebagai rajanya torsi Sobat Zonbie. Untuk itu, mesin-mesin dengan daya akselerasi mumpuni kerap terpasang di model tersebut. Salah satunya motor bermesin turbo.

Motor bermesin turbo

Kabar terbarunya, Yamaha tengah mengembangkan mesin anyar untuk varian MT-09 mereka. Seperti dikutip dari Cycle World, pengembangan mesin baru dari MT-09 ini terkuak dari bocoran paten desain tersebut.

Dan bisa dilihat, mesin baru dari MT-09 tidak lagi 847 cc bertipe 3-silinder Crossplane. Melainkan dibuat lebih kompak dengan tipe 2-silinder dan estimasi volumenya hanya 565 cc.

Meski lebih kecil dan silindernya makin sedikit, tapi Sobat Zonbie jangan takut bakal kehilangan torsi dan tenaga di MT-09 baru ini. Karena Yamaha menyematkan peranti pendongkrak tenaga instan, turbocharger sebagai tambahannya.

Motor bermesin turbo

Turbo ini tertanam di bagian depan mesin. Tapi ada dua konfigurasi yang ditawarkan Yamaha. Yakni versi konvensional di mana turbo diletakan jauh dari lubang header knalpot. Sedangkan versi lainnya memperlihatkan posisi turbo tepat di depan lubang exhaust.

Sayangnya, tak ada kejelasan soal kapan motor bermesin turbo ini akan diproduksi massal dan berapa besaran tenaganya.

Latest Update