Yamaha Lander XTZ 250, Begini Kalau Scorpio Jadi Trail

Di Tanah Air, nama Yamaha Scorpio melekat sebagai salah satu motor bergenre naked bike. Bahkan setelah discontinue, sekarang malah menjadi incaran pecinta custom culture. Tapi di Brazil justru berbeda, karena justru hadir sebagai trail.

Yup, di sana ada Yamaha Lander XTZ 250 yang desainnya jauh berbeda dari Scorpio. Karena lahir sebagai motor trail, alias dual purpose layaknya Honda CRF250L atau Kawasaki KLX250 S. Persamaan dengan Scorpio hanya terlihat di mesinnya.

Secara sepintas mengusung mesin yang serupa dengan Scorpio, yakni satu silinder SOHC berpendingin udara. Tapi ternyata, volume mesinnya pun berbeda, karena Lander XTZ 250 mengandalkan mesin 250 cc, bukan 223 cc seperti Scorpio.

Bukan hanya volume mesinnya. Secara teknologi, mesin keduanya juga berbeda. Lander XTZ 250 sudah memakai sistem injeksi, bukan karbu. Hebatnya, mesin tersebut sudah dilengkapi teknologi BlueFlex yang membuatnya mampu mengonsumsi BBM jenis bensin dan ethanol.

Tak heran tenaga Lander berbeda saat mengonsumsi masing-masing BBM. Di mana tenaganya mencapai 20,7 dk per 8.000 rpm saat memakai bensin. Dan 20,9 dk per 8.000 rpm dengan ethanol.

Untuk harga jual, Lander XTZ 250 terbilang tinggi Sobat Zonbie. Yakni berkisar di angka Rp 57,9 jutaan. Wow.

Comments
Shares