Yamaha MX-King Pakai Pelek YZF-R25, Hasil Riset Distributor Komponen After Market

Sebagai distributor komponen after market, kerjaan riset produk sebelum dijual pasti jadi kerjaan rutin tim Research & Delopment PT Enwan Multi Partindo [EMP]. Selain sebagai pilot project, mereka juga jadi tau hasil akhir jika sebuah komponen dipadankan dengan komponen lain ke sebuah motor.

Salah satu hasil utak-atik tim RnD distributor knalpot ProLiner dan komponen UMA Racing ini adalah Yamaha MX-King yang mengaplikasi roda YZF-R25. Kaki-kaki moped bermesin 150cc itu pun keliatan jadi keliatan lebih berisi dan kekar.

“Ini hasil dari mengisi waktu luang aja, dengan hobi otak-atik motor. Ada motor MX-King kita coba modifikasi kemudian dipadu dengan produk kita seperti aksesoris Racing Boy, part Uma Racing dan knalpot Proliner,” tutur Roby Gani dari tim RnD EMP.

mx-king-pakai-pelek-r25-1

Roby menjelaskan, garapannya nggak sekedar modif serta ganti ini dan itu. Karena secara fungsi dan kendali motor harus tetap baik setelah terjadi perubahan di sektor tertentu.

“Kalo mesalah fungsi bisa coba tes di jalan, deh. Kita jamin mortor masih nyaman dibawa. Motor ini kita buat untuk pajangan produk juga, biar konsumen tau bahwa produk yang kita jual punya kualitas bagus,” papar Roby.

Roby juga menjelaskan kalau pengaplikasian pelek R25 di MX-King nggaklah rumit, hanya perlu sedikit penyesuaian karena ukurannya yang berbeda. Pelek R25 lebarnya 2.75 x 17 dan 4.00 x 17 sementara MX-King 1.85 x 17 dan 3.50 x 17.

mx-king-pakai-pelek-r25-3

“Nggak bisa plug and play, ada yang perlu diganti seperti segita sok depan, harus diganti dengan yang lebih lebar supaya pelek R25 bisa masuk. Perlu penyesuaian bila pasang kaki-kaki motor sport,” sambung Roby.

Di sini Roby masih mempertahankan as roda dan leher segitiga bawaan MX-King. Karena ukurannya lebih kecil, jadi butuh sedikit kerjaan bubut untuk buat bos baru. Lubang pelek R25 pun harus diperkecil. Bushing kedua roda juga harus disesuaikan panjangnya. Sementara untuk pemasangan gir, harus dibuatkan dudukan baru agar gir depan-belakang posisinya center.

“Kita masih banyak motor yang seperti ini. Biasalah, produk kita sebelum sampai ke konsumen kita riset dan tes dulu,” tutup Roby. Prat

EMP

Kompleks Ruko Citra Raya U1 No.48-49 Cikupa, Tangeran, Banten.

Comments