Yamaha Tenere 700 World Raid Prototype, Kejar Petualang Alam Bebas Modern

Ada persamaan antara Yamaha Tenere 700 World Raid Prototype dan Moto Guzzi V85 Concept yang Zonbie bahas sebelumnya. Yakni sama-sama penggemar petualangan. Maklum, keduanya berkonsep motor dual purpose.

Bedanya, Yamaha Tenere 700 World Raid Prototype mengejar penggemar petualangan alam bebas yang modern. Sedangkan Moto Guzzi lebih menyasar segmen retro.

Sekarang, fokus ke Yamaha Tenere 700 World Raid Prototype Sobat Zonbie. Motor ini merupakan pengembangan lanjutan dari motor konsep Yamaha T7 Concept yang hadir di pameran EICMA tahun lalu.

Tak heran jika secara desain eksterior maupun siluetnya, Tenere 700 World Raid masih persis dengan T7 Concept yang terinspirasi dari motor-motor rally raid. Termasuk warna Racing Blue dan panel bodi karbonnya.

Namun sederet pengembangan yang dilakukan adalah sektor bobotnya yang dibuat lebih ringan dan sasisnya yang ramping. Lalu posisi duduk lebih rendah. Tujuannya untuk memberikan performa dan pengendalian Tenere 700 World Raid yang lebih mumpuni di segala medan.

Menariknya, mesin yang diusung Tenere 700 World Raid ini diambil dari basis naked bike, bukan motor dual purpose. Karena mesin 689cc 2-cylinder crossplane sama dengan kepunyaan MT-07.

Mengikuti kebutuhan pengendara modern, Tenere 700 World Raid dibekali sederet fitur modern. Seperti headlamp dengan 4-projector yang persis dengan tunggangan Rally Dakar. Lalu penambahan panel untuk peranti tambahan seperti peralatan navigasi, maupun gadget.

Minat? Sabar, karena Yamaha belum memutuskan kapan motor ini masuk jalur produksi. Yang jelas, ini merupakan tahap prototipe yang lebih dekat ke produksi massal karena tak lagi berupa konsep.

Comments
Shares