Yamaha YZF R3

Yamaha YZF R3 Kena Recall, Ini Kata YIMM

Pabrikan motor Yamaha kembali melakukan program recall untuk sepeda motor varian Yamaha YZF R3, disinyalir motor tersebut memiliki masalah pada bagian tuas rem yang mudah rapuh.

Yamaha YZF R3

Kondisi tersebut tentunya sangat berbahaya, karena tuas rem merupakan salah satu piranti motor yang sangat vital. Recall harus dilakukan karena, tuas rem berpotensi patah ketika ditarik secara ekstrim.

Komisi keselamatan berkendara di Amerika yakni, National Highway Traffic safety administration (NHTSA) mengeluarkan perintah resmi recall terhadap Yamaha YZF R3 dengan nomor kampanye 19V341000.

Yamaha YZF R3

Pemanggilan ulang tersebut khusus untuk YZF R3 versi terbaru 2019, karena berpotensi membahayakan pengendara. Dalam recall tersebut mereka menemukan bahwa, perangkat atau komponen yang digunakan pada tuas rem motor buatan Indonesia tersebut Rapuh dan berpotensi patah.

Hasil investigasi menemukan, bahwa ada porosit atau gelembung udara pada bahan metal yang digunakan. Komposisi tersebut membuat susunan metal didalamnya kurang solid dan mudah patah.

Menanggapi hal tersebut, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menegaskan tidak ada masalah pada unit-unit yang beredar di pasar Indonesia. Hal tersebut sebagaimana disampaikan oleh Anton Widiantoro, Public Relation Manager PT YIMM kepada redaksi zonabikers.com bahwasanya kejadian terjadi hanya pada unit untuk pasar ekspor saja.

“Kondisi tersebut hanya untuk pasar ekspor saja, sedangkan domestik sejauh ini belum ada masalah.” Tegas Anton.

Setidaknya, bakal ada 198 unit YZF R3 di Amerika yang akan dipanggil ke bengkel resmi untuk penggantian tuas rem. Komponen tersebut akan diganti secara gratis tanpa dipungut biaya. Recall sendiri secara resmi akan dimulai pada tanggal, 16 mei 2019. Tuas rem YZF R3 yang terkena recall menggunakan kode komponen K3 9A 16 serta K4 9A 16.

Comments
Shares