Yang Mesti Dilakukan Saat Melihat Adanya Kecelakaan

Yang Mesti Dilakukan Saat Melihat Adanya Kecelakaan di Jalan Raya

Kecelakaan di jalan raya bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Ada kalanya Sobat Zonbie bingung, apa yang mesti dilakukan saat melihat adanya kecelakaan di jalan raya.

Saat melihat adanya kecelakaan, beberapa orang mungkin saja ada yang membantu, namun tidak sedikit pula yang malah memperkeruh keadaan dan tentunya membahayakan bagi korbannya. Berikut Zonbie berikan beberapa hal yang mesti Sobat Zonbie lakukan saat melihat adanya kecelakaan.

1. Menguasai keadaan

Biasanya saat sebuah kecelakaan terjadi, suasananya akan jadi panik seketika. Dalam kondisi ramai, akan banyak orang yang bakal berkumpul di lokasi kejadian. Hal ini lumrah, tapi jika Sobat Zonbie sedang melihat kejadian tersebut, Sobat Zonbie wajib untuk membuat kondisi jadi lebih tenang.

Ada beberapa hal yang bisa Sobat Zonbie lakukan untuk itu. Salah satunya dengan memastikan korban, kendaraan dan barang bawaannya sudah dipinggirkan dari jalan raya. Selain itu biasanya banyak pemotor yang melambatkan kendaraannya untuk melihat lebih jelas keadaan yang terjadi. Tugas Sobat Zonbie adalah untuk membuat mereka sadar kalau mereka membuat keadaan lalu lintas jadi semakin macet. Ketika keadaan sudah kondusif dan lebih tenang, diharapkan korban bisa berpikir secara jernih untuk menyelesaikan masalah yang ada.

2. Hubungi petugas yang berwenang

Ada kalanya sebuah kecelakaan malah bikin kedua pihak yang terkait malah berselisih. Disini nih tugas Sobat Zonbie yang pertama adalah menjadi mediator bagi mereka tanpa menghakimi salah satunya. Untuk selanjutnya, jika belum juga ada titik terang Sobat Zonbie bisa menghubungi polisi terdekat. Laporkan adanya kecelakaan lalu lintas di titik tersebut. Terlebih lagi jika kondisi kecelakaannya parah, hal ini wajib sekalu untuk dilaporkan ke kantor polisi.

Jangan lupa jika kondisi para korban kecelakaan terlihat parah dan Sobat Zonbie tidak mampu untuk memberikan petolongan pertama, segera hubungin Rumah Sakit terdekat atau nomor darurat 119 untuk panduan pertolongan pertama dan meminta tim medis kirimkan bantuan sesegera mungkin.

 

Baca juga : Pertolongan Pertama Pada Korban Kecelakaan, Enggak Asal Kasih Minum

 

3. Memberikan bantuan

Memberikan bantuan pada korban kecelakaan tidak boleh asal loh Sob! Bahkan sekedar memberikan air minum pada korban kecelakaan juga tidak sembarang. Harus ada keahlian khusus.

Pastikan dahulu kondisi korban dengan melihat dengan teliti dimana bagian yang cedera. Tanyakan pada korban bagian tubuh mana yang sakit. Jika tidak memungkinkan dan dirasa tidak mampu memberikan pertolongan segera hubungi nomor darurat 119 seperti diuraikan diatas.

4. Tanggap dengan keadaan sekitar

Keadaan sekitar yang dimaksud adalah banyak hal di sekeliling tempat terjadinya kecelakaan. Terkadang ada beberapa orang tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan adanya kecelakaan untuk mengambil keuntungan. Mencuri barang korban misalnya.

Bantu korban mengamankan barang bawaannya, kumpulkan barang-barang korban yang tercecer. Bantu juga korban dalam memberikan indantitas diri dan hubungi keluarganya.

Peran Sobat Zonbie juga bisa sebagai seseorang yang memantau keadaan tersebut. Walaupun tidak melakukan kontak langsung untuk menolong korban, paling tidak memantau hal – hal di sekitar area kejadian juga sedikit banyak akan membantu.

Keempat hal diatas bisa Sobat Zonbie praktekkan,saat melihat sebuah kecelakaan terjadi di dekatmu. Keep on Safety! Tetap berkendara dengan aman dan nyaman. Ingat! keluarga selalu menunggu Sobat Zonbie pulang dengan selamat di rumah.

Comments
Shares