Yuk, Intip Koleksi Lambretta Langka Milik Vittoro Tessera

Seorang kolektor asal Italia bernama Vittorio Tessera lebih dari 40 tahun lamanya berburu koleksi skuter unik dan langka. Sekitar 160 skuter unik telah dikoleksinya. Kebanyakan skuter-skuter tersebut beremblem Lambretta.

Rasa suka dan cintanya akan skuter dimulai sejak tahun 1960-an ketika ayahnya yang seorang ahli farmasi membelikannya sebuah skuter sederhana 50cc berlabel Laverda. Motor ini dulunya biasa digunakan untuk delivery service.

Loading...


Beberapa tahun kemudian, ketika sudah menginjak remaja Tessera bisa membeli sebuah skuter sendiri untuk pertama kalinya, yaitu sebuah Lambretta 125 LD tahun 1953.

Pada tahun 1981, Tessera membuat Club Lambretta dengan tujuan utama dia memiliki tempat untuk membicarakan dan berdiskusi soal Lambretta dan saling tukar pikiran sesama antusias Lambretta. Lambat laun anggota klub yang dibuatnya anggotanya sudah lebih dari 3.000 orang.

Tanpa disadari Tessera telah membuka jaringan dengan caranya sendiri, hingga akhirnya banyak yang menelpon dirinya yang menawarkan skuter kepadanya. Salah satu koleksi kesayangannya yaitu Vespa 98, skuter pertama yang diproduksi oleh Vespa. Kemudian Nibbio 98  yaitu skuter pertama yang diproduksi oleh Lombardy dan skuter Oscar pada tahun 1950.

Loading...


Pada tahun 1985, keluarga keturunan pendiri Lambretta mengetahui dedikasi dari Tessera yang besar terhadap Lambretta, maka dia diberi hak akses untuk melihat-lihat arsip perusahaan dan disumbangkanlah kepadanya 6 model skuter Lambretta langka untuk museum pribadinya yang berlokasi di Milan.

Hingga akhirnya pada tahun 2001 Museum Lambretta didirikan di Milan tersebut diberi nama The Musei Scooter e Lambretta. Selain museum, ada showroon Casa Lambretta yang juga memiliki garasai dan bengkel.

Loading...


 

Loading...