Yuk, Intip Perbedaan Mesin Honda PCX 150 dan Vario 150

Mungkin banyak Sobat Zonbie yang bertanya, apakah mesin yang diusung PCX 150 dan Vario 150 itu sama? Hal tersebut juga menjadi pertanyaan Zonbie kala peluncuran PCX 150 lokal Rabu pekan ini (7/2).

Dan pertanyaan tersebut langsung dijawab oleh Sarwono Edi, New Model Service PT Astra Honda Motor (AHM). “Perbedaan di mesin sangat banyak! Isinya berbeda,” buka pria ramah ini.

Edi menuturkan jika mulai dari jeroan mesin seperti piston hingga bagian luar mesin seperti filter udara dan knalpot juga berbeda.

“Seperti piston saja, mungkin sepintas sama, seperti bisa dilihat dari ukuran dan kompresinya. Namun dari kode parts, sudah berbeda. Ini artinya, ada perbedaan antara piston PCX dan Vario,” paparnya.

Endro Sutarno, Instruktur Technical Service Division AHM menimpali jika perbedaan besar juga terlihat di crankcase L (Left) tempat peranti CVT berada.

“Seperti pada komponen pulley keduanya berbeda. Kalau punya PCX dipasang di Vario bisa mentok. Selain itu, ECU juga berbeda. Semua disesuaikan dengan desain PCX yang gambot,” urai Endro.

Pernyataan ini juga didukung oleh Yasuyuki Maeda, selaku PCX Large Project Leader dari Honda R&D Co. Ltd. Motorcycle R&D Center, Jepang yang menyebutkan PCX menggunakan mesin dari generasi berbeda.

“Desain komponen mesin disesuaikan untuk mendapatkan akselerasi dan emisi yang lebih baik. Contohnya di peranti filter udara yang desainnya diganti agar udara bisa bergerak lebih efisien ke ruang bakar. Efeknya motor lebih ramah lingkungan dan ada peningkatan performa,” ucapnya.

Comments
Shares