Yuks, Coba Aneka Olahan Pisang Kekinian

Pisang merupakan buah yang sangat digemari hampir sebagian masyarakat Indonesia. Pisang mempunyai kandungan gizi sangat baik, antara lain menyediakan energi cukup tinggi dibandingkan dengan buah-buahan lain. Pisang kaya mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, besi, dan kalsium. Pisang juga mengandung vitamin, yaitu C, B kompleks, B6, dan serotonin yang aktif sebagai neurotransmitter dalam kelancaran fungsi otak.

Buah berbentuk panjang dan berwarna kuning ini bisa dikonsumsi dengan dimakan langsung atau dengan cara olahan. Pisang segar dan matang yang dapat langsung dinikmati, seperti pisang ambon, susu, raja, seribu, dan sunripe. Sedangkan pisang olahan dikonsumsi setelah digoreng, direbus, dibakar, atau dikolak, seperti pisang kepok, siam, kapas, tanduk, dan uli.

Loading...


Di jaman now, khususnya di media sosial sudah banyak yang menawarkan olahan pisang kekinian. Bahkan sempat banyak bermunculan gambar-gambar aneka olahan buah tersebut yang mengundang selera untuk dinikmati. Sebut saja olahan pisang kekinian berupa pie pisang dan pisang nugget.

Pie pisang, olahan kekinian ini menggunakan kulit pastry yang dibuat seperti bentuk pisang, kemudian diisikan pisang dan aneka topping lainnya. Aneka topping dapat dipilih sesuai selera, seperti keju, coklat melted dan lainnya. Buah pisang yang kerap dipakai sebagai olahannya adalah pisang Barangan dan pisang Raja.

Loading...


Selain pisang pie, menu pisang nugget menjadi salah satu makanan yang cukup viral di medsos. Olahan ini berupa pisang yang dibalut dengan telur, tepung terigu dan tepung panir/tepung roti. Selain menggunakan kedua bahan tadi, olahan ini juga menggunakan tepung roti. Tepung inilah ini yang membuat pisang goreng dengan kulit yang crunchy dan bewarna kecoklatan seperti nugget. Pisang nugget semakin nikmat jika ditaburi dengan parutan keju atau lelehan cokelat.

Di Jakarta, sudah banyak yang mengembangkan bisnis olahan pisang kekinian ini yang pemasarannya melalui jejaring sosial seperti Instagram. Salah satunya adalah Aristi Septiani, yang telah memulai bisnis kulinernya sejak tahun 2017 lalu. Ibu muda ini memasarkan Pie Pisang dengan harga Rp 35 ribu/boks berisi 5 pie rasa cokelat, keju, cokelat/keju, almond dan kismis. Lewat Instagramnya: @aristispt dan WhatsApp : 081285669736, ia juga menawarkan pastry lainnya seperti Cake Lemond Curd, Pisang Nugget Gold aneka toping, Almond Crispy dan masih banyak lagi yang lainnya. Silahkan dipesan…

 

Loading...


Comments are closed.