YVC-I CK Beri Pelatihan Safety Riding Kepada Karyawan di Cikarang

Safety riding wajib dilakukan oleh para biker yang tergabung dalam suatu komunitas/ klub saat berkendara. Aturan ketat pun diterapkan kepada seluruh anggota untuk memastikan mereka safety riding di jalan, diharapkan dengan mereka paham dan menjalankannya, nantinya bisa menularkan kepada orang-orang disekitarnya, minimal kepada keluarganya.

Dari sekian banyak klub yang aktif dalam berkegiatan menularkan safety riding, salah satunya adalah Yamaha V-ixion Club Indonesia Chapter Cikarang (YVC-I CK), mereka sudah lama aktif  melakukan kegiatan ini. Dengan sasaran mulai pelajar hingga pekerja yang sehari-harinya menggunakan sepeda motor, bahkan juga ke komunitas/ klub biker lainnya.

Keseriusannya terhadap safety riding juga dibuktikan dengan tiga kali berturut-turut menjadi finalis ajang SCA (Safety Campaign Award), sebuah ajang apresiasi terhadap komunitas biker yang aktif mengkapanyekan keselamatan di jalan. Dari ajang ini berdampak dengan beberapa kali didaulat untuk memberikan pelatihan safety riding di beberapa perusahaan di wilayah Cikarang.

Belum lama ini divisi Safety Riding YVC-I CK kembali diperbantukan untuk memberi pelatihan safety riding kepada karyawan dari PT. Trimitra Chitrahasta, Kawasan Industri Delta Silicon Cikarang, Selasa pekan lalu (28/11). Berlangsung sejak pukul 13.00 – 16.00 WIB, kegiatan ini diikuti sebanyak 35 orang. Mereka diberikan pelatihan dengan materi teori juga praktek.

Materi teori disampaikan oleh Citra Ayu Lestari dari divisi safety riding YVC-I CK. Dia memaparkan tentang defensive riding, seperti manajemen resiko ketika berkendara, pengenalan bahaya-bahaya dijalan raya, pengecekan kendaraan, fungsi-fungsi yang ada di kendaraan, safety gear, postur tubuh saat riding & membonceng, riding technic (jarak aman, antisipasi blind spot).

Untuk materi praktek dibawakan oleh Bro Edwin ‘Shimo’ instruktur safety riding rekanan dari YVC-I CK dibantu tim YVC-I CK.  Materi praktek diisi mulai dari cara persiapan berkendara, meliputi pengecekan kendaraan sebelum berkendara, posisi tubuh saat berkendara, lalu teknik berkendara dengan menggunakan modul Zigzag/Slalom, Balancing Board dan Speed Bump. Diakhir acara seluruh peserta diberikan piagam sebagai tanda telah mengikuti pelatihan ini.

“Pelatihan ini sangat bermaanfaat untuk menambah pengetahuan tentang safety riding, kita jadi makin mengerti bagaimana berkendara dengan baik dan aman di jalan, karena kesalamatan dimulai dari diri kita sendiri, dengan demikian kita pun turut mengurangi angka kecelakaan di jalan,” ujar Bro Nunu dari YVC-I CK selaku Ketua Panitia acara ini. Disni dia juga dibantu anggota lainnya, yakni Bro Irawan, Bro Lukman, Bro Arif, Bro Ghofur, Bro Ichan, Bro Jamli, Bro Ozy dan Bro Bewok.

 

Comments
Shares