Zero SR / S Cafe Racer By Deus Ex Machina : Pertama dan Terakhir

Zero SR / S Cafe Racer

Produsen sepeda motor listrik Amerika Zero Motorcycles bekerja sama dengan pembangun motor kustom Deus Ex Machina California, AS untuk membuat motor kustom eksklusif pertama mereka. Deus Ex Machina membangun motor sport Zero SR / S Café Racer.

Zero SR / S diluncurkan awal tahun 2020 dan secara teknis merupakan versi ringan dari naked roadster, Zero SR / F. Memiliki tenaga 110 hp dan torsi 190 Nm, Zero SR / S memang pada dasarnya merupakan motor dengan basis yang bagus untuk custom bodi yang luar biasa cepat.

Zero SR / S cafer racer ini merupakan proyek terakhir yang diselesaikan oleh ahli pengrajin kustom terkenal dan sekaligus Direktur Deus Ex Machina AS, Michael Woolaway alias ‘Woolie’ sebelum beliau memutuskan untuk pindah ke pekerjaan barunya.

Loading...


WOOLIE, DIREKTUR DEUS EX MACHINA AS:

“Ini (Zero SR / S) adalah motor listrik pertama yang pernah saya tangani. Saya bertemu dengan orang-orang di Pike’s Peak, melihat motornya dengan baik dan berpikir ‘Anda tahu, bung, motor itu adalah platform yang sempurna untuk membangun sesuatu (kustom) karena sebenarnya tidak ada tangki bensin’. Ada rangka teralis yang indah dan bila bagian yang lainnya dilepas, akan kosong bersih. Jadi dalam pikiran saya, saya berpikir ‘Saya ingin melakukan sesuatu dengan motor itu karena terasa seperti selembar kertas kosong.”

Loading...


“Saya ingin melakukan sesuatu yang lama dan baru,” kata Woolie.

“Kombinasi dari model-model lama yang tidak asing bagiku, dan teknologi baru. Dan saya ingin membuat motor yang tidak biasa dilihat di jalan raya, karena itulah yang sangat saya sukai, dan saya pikir itu dapat menjadi produk akhir yang lebih baik,” tambah Woolie.

Loading...


KETUA HUMAS ZERO, DAN QUICK:

“Kami sungguh tidak memiliki skema desain, kami baru saja kontak dengan Woolie dan dia terlihat sangat bersemangat untuk melakukan sesuatu. Jadi kami memberinya motor dan menyuruhnya melakukan sesuatu yang istimewa… Semuanya terserah yang dia inginkan.”

Woolie memulai pengerjaan kustom dengan membangun prototipe seluruh bodywork dengan gabus, yang dikerjakan dengan buatan tangan.

Loading...


Ya, Woolie memang pria yang cenderung ‘retro’ jadi ia memutuskan untuk menggunakan teknik desain jadul daripada menggunakan rendering 3D digital modern.

Selama tahap desain, Woolie memulainya dengan desain tangki, lalu fairing depan dan yang terakhir, bagian ekor dan bagian bawah Cafe Racer.

Loading...


Kemudian, Paul Taylor dari Taylor Made Racing membangun bodywork yang sebenarnya dari serat karbon. Fakta menarik: Rupanya keseluruhan bodywork bertema Cafe Racer ini terdiri dari tiga bagian besar dan semuanya dipasang pada bodi hanya dengan empat baut di titik pemasangan OEM… WOW!!!!

Tidak dipungkiri, kaca depan bergaya retro sangat digandrungi dan kaca depan one-piece buatan tangan pada bagian ini terlihat memukau disertai dengan keseluruhan bodi serat karbon.

Loading...


Selebihnya, winglet yang Anda lihat sebenarnya bersumber dari mobil balap F1 yang telah dimodifikasi dengan penutup ujung khusus. Woolie menambahkan winglet kustom ini untuk memberikan tampilan mobil balap Porsche retro dan ini adalah sentuhan yang luar biasa.

“Winglet akan cenderung menstabilkan motor lebih dari yang Anda kira, terutama dalam hal kecepatan, dan menambahkan sedikit gaya tekanan ke bawah,” jelas Woolie.

“Tapi kebanyakan saya hanya merasa ingin menambahkan detail lain yang keren dan berbeda,” akunya.

Loading...


Karena orang-orang dari Deus dan Zero suka tunggangan yang kencang, Anda dapat menemukan banyak suku cadang motor balap di aftermarket untuk motor ini.

Dalam bodi ini, Woolie telah menambahkan pengaturan suspensi spesifikasi WSBK dari Showa dan satu set pelek karbon ultra-ringan Dymag.

Loading...


Selain itu, offset racing Attack custom yang dapat disesuaikan tiga kali lipat dapat menahan forks motor bersama-sama dan juga dilengkapi dengan satu set clip-on motorsports Gravers yang memberi kesan retro pada cafe racer.

Sedangkan untuk rem, komponen pengereman J.Juan Racing dengan kaliper Banke Performance kustom pada dudukan mesin CNC di bagian belakang dan rotor depan OEM Zero di depan menangani urusan pengereman.

Loading...


Karena Zero SR / S adalah sepeda listrik dan tidak memiliki tuas pemindah gigi, Woolie telah menambahkan rem jempol pada setang untuk menyederhanakan kontrol kaki.

Source News: BikeExif; Edited and published by: iMotorbike

Artikel original dalam Bahasa Inggris telah dipublikasikan oleh iMotorbike.my. iMotorbike adalah market platform untuk pecinta sepeda motor nomor 1 di Asia Tenggara. Di iMotorbike, Anda dapat menemukan sepeda motor, spare parts, dan aksesoris yang lengkap dan eksklusif. iMotorbike juga menyuguhkan direct service bagi pengguna motor seperti asuransi dan financing. Di samping itu, iMotorbike juga menyajikan berbagai macam berita hangat tentang sepeda motor yang up to date di iMotorbike News. Ikuti terus update motor terbaru di Facebook, YouTube, dan Instagram kami!”

Loading...


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here